KONSEP INKLUSIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID

Muhamad Zairi, Lutfi (2022) KONSEP INKLUSIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMAD ZAIRI LUTFI_KONSEP INKLUSIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia yang memiliki keragaman agama dan kulturnya, terkadang timbul suatu konflik antarumat agama. Sikap yang tidak memahami keragaman dan perbedaan disebut sebagai sikap ekslusif, sehingga meniadakan pluralitas atau kebhinnekaan di Indonesia. Dalam pendidikan Islam seringkali diajarkan hanya bersifat normatif, dogmatis dan klaim kebenaran. Melalui narasi-narasi agama yang diajarkan ke peserta didik, seperti provokasi melakukan jihad hanya artian perang, pada pelajaran sejarah Islam dijadikan dendam kepada agama lain, secara psikologis meneladani tokoh-tokoh kekerasan sebagai pahlawan, menjadikan kekerasan sebagai solusi ketidakadilan, dan mengeksploitasi ayat-ayat al-Qur’an dengan pemahaman ekslusif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), dengan proses pengumpulan data melalui referensi serta media baik cetak seperti buku ataupun elektronik seperti artikel jurnal, berita online, dan sejenisnya. Sedangkan subjek penelitiannya adalah tokoh Nurcholish Madjid, yang terkenal teologi inklusivismenya. Hasil penelitian ini konsep inklusivisme dalam pendidikan Islam perspektif Nurcholish Madjid. Pendidikan Islam perlu melahirkan pendidikan yang liberal yaitu pendidikan yang mencakup pengetahuan, nilai-nilai, serta keahlian. Dengan pendidikan Islam inklusivisme akan meminimalisir praktik ekslusivisme untuk mewujudkan kerukunan umat beragama. Konsep inklusivisme yang digagas oleh Nurcholish Madjid terdiri dari beberapa indikator yang diperlukan dalam pendidikan Islam yakni sikap egalitarianisme, memandang secara positif perbedaan, berpikiran kritis dan berwawasan luas, bersikap tidak ekslusif dan tidak ekstrem, dan berakhlakul karimah. Karena dalam pendidikan Islam tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuam, tetapi menanamkan nilai-nilai keislaman kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inklusivisme, Pendidikan Islam, Nurcholish Madjid.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Zairi Lutfi sdr
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:14
Last Modified: 08 Jun 2022 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13773

Actions (login required)

View Item View Item