IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN (BTA) DI PONDOK PESANTREN AL-QUR'AN AL-AMIN PABUARAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Diana Nur, Fauziyah (2022) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN (BTA) DI PONDOK PESANTREN AL-QUR'AN AL-AMIN PABUARAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Perbaikan Fiks_Diana Nur Fauziyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran baca dan tulis Al-Qur'an merupakan hal yang sangat penting dalam membimbing dan melatih anak untuk dapat membaca dan menulis Al-Qur'an sesuai dengan kaidah dalam ilmu tajwid. Untuk menempuh pembelajaran baca tulis Al-Qur'an dan mempelajari ilmu tajwid itu sendiri membutuhkan waktunyang tidak singkat. Keadaan tersebut membuat pendidik harus bisa memilih metode pembelajaran Al-Qur'an yang tepat dan mudah serta cepat tanggap bagi anak maupun para pemula yang belajar ilmu tajwid, salah satunya ialah metode An-Nahdliyah yaitu metode pembelajaran Al-Qur'an yang memiliki ciri khas pada ketukan dalam penerapannya dan juga menekankan pada kesesuaian dan keteraturan bacaan dengan (titian murotal) yaitu memberikan jarak pelafalan satu huruf dengan huruf lain disertai ketukan tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTA) di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al- Amin Pabuaran kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan bersifat kualitatif deskriptif dengan peneliti menggunakan subjek penelitian yaitu mahasiswa baru yang belum lulus program baca tulis Al-Qur'an (BTA) berjumlah 75 orang yang berada di pondok pesantren Al-Qur'an Al-Amin Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Adapun untuk teknik pengumpulan data yangdigunakan yaitu observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya dengan menggunakan tahap reduksi data, pemaparan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTA) di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Amin Pabuaran kecamatan Purwokerto Utara kabupaten Banyumas, diketahui bahwa untuk tahapan penerapan metode An-Nahdliyah atau dikenal dengan metode ketukan diterapkan untuk dua program pembelajaran yakni sebagai berikut: Pertama, metode ketukan diterapkan pada pembelajaran baca Al-Qur'an yaitu ketika membaca bersama-sama ayat yang akan dikaji pada pengaosan kitab Al-Ibriz dengan Abah dan pada saat setoran juz 'amma dengan pengampunya masing-masing serta pada kelas fasokhah. Kedua, metode ketukan diterapkan pada pembelajaran tulis Al-Qur'an yaitu ketika pembelajaran imla'. Jadi penerapan metode ketukan dalam pembelajaran baca dan tulis Al-Qur'an di pondok pesantren Al-Qur'an Al-Amin wajib untuk semua santri, terkhusus bagi santri mahasiswa baru. Kata Kunci: Implementasi, metode An-Nahdliyah, Pembelajaran BTA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, metode An-Nahdliyah, Pembelajaran BTA
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diana Nur Fauziyah sdri
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:11
Last Modified: 08 Jun 2022 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13772

Actions (login required)

View Item View Item