MANAJEMEN MADRASAH BERBASIS AGROFORESTRY DI MTS PAKIS GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Anita Fatihatun, Nisa (2022) MANAJEMEN MADRASAH BERBASIS AGROFORESTRY DI MTS PAKIS GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nakasah Skripsi Anita Fatihatun Nisa 1817401047.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nakasah Skripsi Anita Fatihatun Nisa 1817401047.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen madrasah berbasis agroforestri merupakan salah satu penerapan manajemen madrasah yang ada di MTs PAKIS Gununglurah yang terletak di daerah sekitar hutan. Manajemen madrasah berbasis agroforestry berorientasi bahwa dalam pelaksanaan pendidikan dikaitkan dengan pembelajaran agroforestri. Yang mana manajemen madrasah berbasis agroforestry juga akan mempengaruhi tingkat pendidikan lingkungan hidup atau nilai kesadaran dan nilai kepedulian terhadap sumber daya alam yang ada disekitar. Penelitian yang dilakukan penulis membahas tentang manajemen madrasah berbasis agroforestry di MTs PAKIS Gununglurah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen madrasah berbasis agroforestry di MTs PAKIS Gununglurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek dan menghasilkan data secara deskriptif berupa dokumen tertulis maupun lisan yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknis analisis dan keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan tringulasi. Subjek atau sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru MTs PAKIS Gunungluh. Hasil penelitia menunjukkan bahwa manajemen madrasah berbasis agroforestry di MTs PAKIS Gununglurah sebagai berikut : pada manajemen madrasah ini menggunakan kurikulum berbasisi agroforestry yang mengkombinasi antara kurikulum departemen agama, kementrian pendidikan (K13), dan agroforestry. Sedangkan manajemen kurikulum yang berbasis agroforestry pada pelaksanaanya dimulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Madrasah, Agroforestry
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anita Fatihatun Nisa sdri
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:51
Last Modified: 07 Jun 2022 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13758

Actions (login required)

View Item View Item