PEMIKIRAN JOHN GRAY DALAM BINGKAI RUMAH TANGGA ISLAM (TELAAH BUKU MEN ARE FROM MARS WOMEN ARE FROM VENUS)

M. Wildan, Fauzbika (2022) PEMIKIRAN JOHN GRAY DALAM BINGKAI RUMAH TANGGA ISLAM (TELAAH BUKU MEN ARE FROM MARS WOMEN ARE FROM VENUS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
M. WILDAN FAUZBIKA_PEMIKIRAN JOHN GRAY DALAM BINGKAI RUMAH TANGGA ISLAM (TELAAH BUKU MEN ARE FROM MARS WOMEN ARE FROM VENUS).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan membangun keluarga selama ini tidak pernah ada sekolah formalnya. Kebanyakan orang memperoleh ilmu membentuk atau membangun keluarga yang baik dari sebuah trial and error. Dalam pemikiran John Gray yang terdapat di buku Men are from Mars Women are from Venus, ia membahas mengenai petunjuk untuk memahami hubungan pria dan wanita terutama dalam hubungan suami istri untuk meningkatkan kualitas cinta yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemikiran John Gray dalam bingkai Rumah Tangga Islam. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan normatif. Pendekatan normatif dalam studi Islam yaitu berkaitan dengan ajaran yang terkandung dalam nash. Metode analisis data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data yang berupa bahan-bahan hukum yang telah diperoleh kemudian disajikan dalam bentuk teks naratif, uraian-uraian yang disusun secara sitematis, logis, dan rasional. Metode analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah content analysis untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan obyektif dalam buku Men are from Women are from Venus. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa John Gray sangat serius menguraikan secara psikologis terkait munculnya perbedaan antara kedua jenis kelamin (suami-istri) yang dapat berdampak pada kehidupan harmonis rumah tangga. Perbedaan gaya berkomunikasi dan kebutuhan emosional antar keduanya secara detail diurai secara rasional dan kontekstual. Disini, pemikiran John Gray mampu memberikan jembatan yang rasional terkait Rumah Tangga Islam dalam aspek psikologi dan komunikasi yang dapat mendorong terwujudnya keluarga harmonis. Apa yang dijelaskan John Gray dalam bukunya Men are from Mars Women are from Venus dapat membantu menjelaskan secara lebih spesifik dan rasional dengan penuh empati terhadap problematika keluarga yang dijelaskan dalam Rumah Tangga Islam, terutama pada kitab syarh 'Uqud al-Lujain. Dengan demikian persoalan mengenai peran suami istri menjadi lebih mudah dipahami di era kontemporer, untuk meningkatkan kehidupan keharmonisan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: John Gray, Men are from Mars Women are from Venus, Rumah Tangga Islam
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.01 Marriage law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: M.Wildan Fauzbika sdr
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:40
Last Modified: 07 Jun 2022 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13753

Actions (login required)

View Item View Item