EFEKTIVITAS PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN MIFTAHUL ANWAR CIGARU II MAJENANG

Arief, Syaripudin (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN MIFTAHUL ANWAR CIGARU II MAJENANG. Skripsi thesis, UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Arief Syaripudin_Efektivitas Pendekatan Integratif Dalam Pendidikan Akhlak Santri Pon Pes Pemb Miftahul Anwar Cigaru II Majenang.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan bangsa Indonesia yaitu merosotnya akhlak. Merosotnya akhlak bangsa sebagai jati diri bangsa menjadi perhatian khusus pemerintah Indonesia saat ini. Dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pemerintah memiliki tujuan membangun kembali dan membekali peserta didik menjadi generasi emas Indonesia yang berjiwa Pancasila dan berkarakter sebagai bekal menghadapi perubahan dimasa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan integratif dalam pendidikan akhlak. Adapun tempat atau lokasi yang diteliti adalah Pondok Pesantren Pembangunan Miftahul Anwar Cigaru II Majenang. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini pengasuh, kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesantrian, ustadz, santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan pendekatan integratif dalam pendidikan akhlak santri pondok pesantren dilakukan dengan dua cara yaitu dengan kegiatan di dalam dan di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas dilakukan dengan beberapa tahap atau langkah diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pada tahap atau langkah pelaksanaan ustadz diharapkan mampu mengaitkan materi pelajaran yang sedang dipelajari dengan materi akhlak yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari. Hal ini ditujukan untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Adapun yang dilakukan diluar kelas yaitu dengan kegiatan pendukung atau tambahan yang wajib diikuti oleh santri diantaranya adalah kegiatan salat jamaah dan khitobah. Dengan melihat tujuan yang telah ditetapkan dan pelaksanaan proses pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang telah dilakukan, maka Pendekatan Integratif dalam Pendidikan Akhlak Santri Pondok Pesantren Pembangunan Miftahul Anwar Cigaru II Majenang dapat dikatakan efektif karena berdasarkan hasil yang ada yang menjadi tujuan dapat terlaksana telah tercapai yaitu dengan melihat hasil pekerjaan santri dan melihat perubahan akhlak atau tingkah laku pada keseharian santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Integratif, dan Pendidikan Akhlak
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr ARIEF SYARIPUDIN
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:46
Last Modified: 06 Jun 2022 06:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13751

Actions (login required)

View Item View Item