KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH SABILIL MUTTAQIN TAYEM TIMUR KARANGPUCUNG CILACAP

Rafida, Alfiandini (2022) KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH SABILIL MUTTAQIN TAYEM TIMUR KARANGPUCUNG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rafida Alfiandini_ Kepemimpinan Profetik dalam Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Sabilil Muttaqin Tayem Timur Karangpucung Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan faktor kunci keberhasilan lembaga mencapai mutu yang di cita-citakan. Model kepemimpinan yang ideal dalam Islam telah dicontohkan oleh nabi. Kepemimpinan nabi sekarang telah menjadi sebuah teori yang bernama kepemimpinan profetik. Kepemimpinan nabi dalam sejarahnya mencapai banyak kemajuan. Oleh karena itu kepemimpinan profetik yang ditunjukan oleh nabi adalah gambaran contoh kesuksesan kepemimpinan dalam skala besar. Dalam skala kecil, seharusnya model kepemimpinan profetik dapat diterapkan dalam dunia pendidikan. Salah satunya dalam pendidikan nonformal seperti madrasah diniyah supaya mengalami perkembangan yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan praktik kepemimpinan profetik dalam pengembangan kurikulum madrasah diniyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam pencarian data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi yang mendalam terhadap subjek penelitian dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya di analisis dengan tiga alur yang digunakan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam melakukan pengembangan kurikulum sebagai sebuah kepemimpinan yang berpijak pada nabi. Tergambar cerminan dan perilaku kepala madrasah melalui empat indikator sifat nabi yaitu shidq, amanah, tabligh, dan fathonah. Selain itu peran kepemimpinan profetik kepala madrasah dalam usaha pengembangan kurikulum madrasah juga menggunakan tiga pilar yaitu humanisasi, liberasi, dan transendensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kepemimpinan profetik dan pengembangan kurikulum
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Rafida Alfiandini
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:34
Last Modified: 06 Jun 2022 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13749

Actions (login required)

View Item View Item