IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KALIGONDANG PURBALINGGA

Solatin, Nurjanah (2022) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KALIGONDANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SOLATIN NURJANAH_IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KALIGONDANG PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Era digital telah menuntut dunia pendidikan untuk dapat beradaptasi dengan cepat dimana semua informasi dapat diperoleh dengan cepat dimana saja dan kapan saja, dengan adanya kemajuan teknologi ini maka proses pembelajaran dituntut untuk mengikuti perkembangan IPTEK dengan memahai dan mempelajari dunia digital agar menciptakan suasana belajar yang baik dan dapat mendorong kemampuan serta kreativitas peserta didik secara maksimal. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan implementasi literasi digital dalam pembelajaran khususnya saat pembelajaran daring, faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran, hasil dari pembelajaran dengan menerapkan literasi digital dengan menggunakan teknologi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kaligondang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode sebagai berikut: (1) Jenis penelitian kualitatif, (2) Sumber data dari penelitian ini adalah pengematan langsung di SMK Negeri 1 Kaligondang dan narasumber yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik,, (3) Teknik pengumpulan data adalah wawancara, bservasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Dalam proses pembelajaranya SMK Negeri 1 Kaligondang memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan media digital yang ada untuk meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik, menggunakan media digital seperti media sosial, internet, buku elektronik, ebook, dan handpone. Serta menggunakan aplikasi digital seperti whatsapp, moodle, youtube dan google meet dalam proses pembelajaran. (2) Dalam proses implementasi literasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini ada beberapa tahapan yang dilalui yaitu yang pertama tahap perencanaan dengan menyiapkan RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran, yang kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknologi yang dibutuhkan guna memaksimalkan pembelajaran dan yang ketiga yaitu proses evaluasi dengan memberikan tugas-tugas kepada peserta didik. (3) Faktor pendukungmya adalah disediakannya fasilitas seperti peralatan komputer, LCD, dan WiFi serta diberikanya subsidi paket data sebesar 10 GB setiap bulan untuk peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang tidak stabil dan jarak yang jauh jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Solatin Nurjanah sdri
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:30
Last Modified: 06 Jun 2022 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item View Item