PENGARUH KONFORMITAS HEDONIS DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus pada Mahasiswa Santri Mitra Ma’had Al Jami’ah Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Nur Aini Dwi, Utami (2022) PENGARUH KONFORMITAS HEDONIS DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus pada Mahasiswa Santri Mitra Ma’had Al Jami’ah Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR AINI DWI UTAMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Grand theory dalam penelitian ini yaitu Teori Behavioristik. Teori Behavioristik merupakan teori yang mempelajari perilaku manusia. Perilaku manusia ini berkaitan dengan perilaku konsumtif pada seorang individu. Menurut Sumartono (2002) perilaku konsumtif merupakan konsumsi yang boros dan berlebihan dimana keinginan lebih penting daripada kebutuhan. Perilaku konsumtif ini dihasilkan dari kurangnya prioritas kebutuhan, kurangnya perencanaan kebutuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konformitas hedonis dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Santri Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa santri pada 5 besar pondok pesantren mitra Ma’had Al Jami’ah Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto meliputi pondok pesantren El-fira, Darur Abror, Al-Amin, Darussalam, dan El-Furqon dengan jumlah keseluruhan 100 mahasiswa santri dengan metode proportional stratified random sampling. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa konformitas hedonis (X1) secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y), literasi keuangan (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y). Sedangkan secara simultan konformitas hedonis dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif sebesar 14,5%. Sedangkan sisanya 85,5% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konformitas Hedonis, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur aini dwi utami sdr
Date Deposited: 04 Jun 2022 05:21
Last Modified: 04 Jun 2022 05:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item View Item