IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK JARAK JAUH PADA TEMA 5 SUB TEMA 1 KELAS 4 SDN MALABAR 02 KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP

Anggun, Diana (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK JARAK JAUH PADA TEMA 5 SUB TEMA 1 KELAS 4 SDN MALABAR 02 KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anggun_Diana_Implementasi_Pembelajaran_Tematik_Jarak_Jauh_Pada_Tema.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pada akhir tahun 2019 sampai tahun 2021 dunia masih dilanda Virus Corona. Virus Corona merupakan jenis virus baru yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina. Kemunculan Virus Corona ini memberikan dampak yang sangat besar dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat di lihat dari proses pembelajaran yang dilakukan, pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka harus dirubah menjadi pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik jarak jauh pada tema 5 sub tema 1 kelas 4 SDN Malabar 02 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementsi pembelajaran tematik jarak jauh pada tema 5 sub tema 1 kelas 4 SDN Malabar 02 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran tematik jarak jauh pada tema 5 sub tema 1 kelas 4 SDN Malabar 02 Kecamatan Wanareja dilakukan melalui WhatsApp Group yang meliputi 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Adapun faktor pendukung implementasi pembelajaran tematik jarak jauh pada tema 5 sub tema 1 terbagi menjadi dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Untuk faktor eksternal antara lain sarana dan prasarana yang mendukung, persiapan guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh, sinyal yang bagus, dan dukungan serta motivasi dari orang tua. Sedangkan untuk faktor internal antara lain mood atau minta belajar siswa yang bagus dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh pada tema 5 sub tema 1. Untuk faktor penghambat juga terbagi menjadi dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal antara lain, sinyal yang kurang mendukung, orang tua yang tidak mau membimbing anak dalam belajar, dan tidak semua siswa memiliki Handphone. Adapun faktor internal antara lain mood atau minat siswa yang kurang bagus, siswa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran tematik jarak jauh pada tema 5 sub tema 1, guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi kepada siswa, interaksi antara guru dan siswa sulit dilakukan, anak kebanyakan bermain game, dan siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru melalui WhatsApp Group.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Jarak Jauh, Tema 5 Sub Tema 1
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anggun Diana sdri
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:14
Last Modified: 03 Jun 2022 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item View Item