IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI MI MA'ARIF NU BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Rizqie Azizah, Nuramanah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI MI MA'ARIF NU BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizqie Azizah Nuramanah_Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 di MI Ma'arif NU Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan pembelajaran yang dilaksanakan secara terpisah untuk meminimalisir wabah virus Covid-19. Namun demikian, beberapa mata pelajaran dianggap sulit oleh sebagian peserta didik, sehingga perlu perhatian khusus dari pendidik meskipun pembelajaran dilaksanakan secara PJJ, dalam hal ini adalah mengenai mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 di MI Ma’arif NU Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara guru kelas 5 di MI Ma’arif NU Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, data observasi, dan sumber sekunder berupa foto, profil sekolah dan lain-lain. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa ada 3 tahapan dalam implementasi (PJJ) pada mata pelajaran matematika kelas 5 di MI Ma’arif NU Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, yaitu: tahapan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan tahapan evaluasi. Ketiga tahapan dalam implementasi pembelajaran jarak jauh telah terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya. Evaluasi hasil belajar pada PJJ ini hasilnya sangat menggembirakan, dibuktikan dengan 34 siswa memperoleh nilai rata-rata 86. Namun sangat disayangkan ketika pembelajaran dilaksanakan tatap muka, evaluasi hasil belajarnya kurang menggembirakan. Hal ini disebabkan pada saat PJJ, yang mengerjakan evaluasi nya adalah orangtua atau saudara siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Jarak Jauh, Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: RIZQIE AZIZAH NURAMANAH sdri
Date Deposited: 03 Jun 2022 01:39
Last Modified: 03 Jun 2022 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item View Item