STRATEGI MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SD ISLAM AL-AZHAR 39 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AKHMAD ARIFIN, NIM. 102331139 (2015) STRATEGI MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SD ISLAM AL-AZHAR 39 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AKHMAD ARIFIN_STRATEGI MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SD ISLAM AL-AZHAR 39 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015-2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustala.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Dalam era global seperti sekarang ini, persoalan pokok yang kita hadapi adalah, bagaimana cara menyiapkan SDM (sumber daya manusia) yang modern dan religius, yang mampu bersaing dan tidak tersesat dalam menghadapi kehidupan yang diwarnai budaya iptek. Suasana kehidupan modern dengan kebudayaan massif serta terpenuhi berbagai mobilitas kehidupan secara teknologis-mekanis, pada satu sisi telah melahirkan krisis etika dan moral. Fenomena diatas tidak lepas dari adanya pemahaman yang kurang benar tentang agama dan keberagamaan (religiusitas). Untuk suatu keberhasilan dalam dunia pendidikan, solusi dalam mengatasi kurang berhasilannya dunia pendidikan dalam masalah tersebut salah satunya menggunakan pendekatan penerapan budaya religius. Budaya religius adalah gagasan atau fikiran manusia yang bersifat abstrak kemudian diaplikasikan atau diwujudkan melalui tindak-tanduk atau perilaku manusia yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan.Strategi mewujudkan budaya religius menuntut guru untuk kreatif dalam mewujudkan budaya religius disekolah, sehingga hal itu membuat warga sekolah terutama siswa dapat beperilaku religius sesuai nilai-nilai keagamaan yang mereka anut. Jenis penelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, dewan guru, dan karyawan. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), dan data display. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa bahwa strategi mewujudkan budaya religius yang digunakan oleh para dewan guru di SD Islam Al-Azhar 39 Purwokerto menggunakan dua strategi, yakni: power strategy melalui pendekatan pembiasaan dan ketauladanan, dan persuasive strategy pendekatan punishment atau hukuman. Kemudian wujud budaya religius yang melaui pembiasaan adalah tadarrus, shalat dhuha, sedekah atau infaq, pembiasaan senyum, salam, sapa (3S). Pendekatan ketauladanan, seperti: berbusana Islami, hormat dan toleransi, sedangkan pendekatan punishment, seperti: do’a bersama, shalat dzuhur berjamaah dengan tujuan agar siswa memiliki karakter dan sikap religius yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi dan Budaya Religius
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 20 Oct 2016 01:40
Last Modified: 20 Oct 2016 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item