KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM OPTIMALISASI STANDAR PENDIDIKAN DI MTs MA’ARIF NU 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Fuad Zen, Fuad Zen (2022) KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM OPTIMALISASI STANDAR PENDIDIKAN DI MTs MA’ARIF NU 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS FUAD ZEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi upaya optimalisasi standarisasi layanan madrasah sesuai Permendiknas 24 tahun 2008, ditengah-tengah digitalisasi data kelembagaan pendidikan menghadapi era disrupsi 4.0 dan modernisasi pendidikan di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen. Diwujudkan dengan pelayanan administrasi pendidikan dan pelyanan pembelajaran. Kebijakan Kepala Madrasah bersandar pada prinsip MBO guna mewujudkan layanan bermutu di lembaga pendidikan Islam. Permasalahan implementasi Permendiknas 24 tahun 2008 dalam tataran praksis SDM, Pembagian kerja dan Pelaksanaan Kebijakan Kepala MTs Ma’arif NU 1 Kebasen berkaitan dengan praksis Permendiknas 24 tahun 2008 tersebut. Penelitian kualitatif studi kooperatif menggunakan menggunakan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan sampel data dilakukan dengan purposive sampling. Sedangkan untuk analisis datanya dengan melalui yahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian: Pertama Kebijakan Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan melalui optimalisasi peningkatan mutu layanan pembelajaran oleh pendidik. Dan Kebijakan optimalisasi pelayanan data oleh Operator Madrasah sesuai Permendiknas Nomer 24 tahun 2008 dalam wujud pelayanan prima tentang layanan data kelembagaan dan pendidikan oleh lembaga terkait melalui layanan data pendidikan (EMIS, SIMPATIKA, BIO-UN, BOS, VERVAL, SIMNU, dan aplikasi lainnya yang terkait dengan Kementerian Agama dan Dinas Terkait). Kedua, Optimalisasi kinerja operator madrasah didukung oleh kebijakan kepala madrasah dalam menciptakan sistem budaya kerja dan pola komunikasi kerja. Diantaranya, komunikasi, kerjasama, manajemen diri, jiwa kepemimpinan di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen Kabupaten Banyumas. Ketiga, Optimalisasi pemenuhan standarisasi pendidikan melalui Permendiknas 24 tahun 2008 pada MTs Ma’arif NU Kebasen secara umum belum dilakukan secara optimal. Implementasi pekerjaan yang masih tumpang tindih, kuantitas personalia, beban kerja dan peningkatan skill IT secara simultan. Kata kunci: Kebijakan, Kepala Madrasah, Optimalisasi, Standarisasi Pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fuadzen Fuadzen sdr
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:40
Last Modified: 27 Jun 2022 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13726

Actions (login required)

View Item View Item