ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS IX BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Agustiyan, Nur Faidah (2022) ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS IX BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AGUSTIYAN NUR FAIDAH_ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS IX BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran tidak lepas dari salah satu sarana penunjang berupa buku teks. Soal-soal yang tersedia dalam buku teks tersebut hendaknya memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, analisis soal sangatlah penting dilakukan untuk mengetahui kualitasnya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kualitas soal dalam buku teks siswa Matematika SMP kelas IX Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) melalui pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini ialah soal latihan dan uji kompetensi dalam buku teks siswa Matematika SMP kelas IX Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 yang ditulis oleh Subchan, Winarni, Muhammad Syifa'ul Mufid, Kistosil Fahim, dan Wawan Hafid Syaifudin serta diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, dan Kemendikbud. Adapun metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan metode analisis data menggunakan analisis isi kuantitatif (quantitative content analysis). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap 189 soal diperoleh hasil bahwa untuk soal kategori mengingat (C1) tidak ada, kategori memahami (C2) sebanyak 43 soal (22,75%), kategori mengaplikasikan (C3) sebanyak 129 soal (68,25%), kategori menganalisis (C4) sebanyak 11 soal (5,82%), kategori mengevaluasi (C5) sebanyak 6 soal (3,17%), dan kategori mencipta (C6) tidak ada. Apabila hasil analisis dikaitkan dengan kualitas soal diperoleh perbandingan 43 : 140 : 6 dimana soal dengan kategori mudah sebanyak 22,75%, soal dengan kategori sedang sebanyak 74,07%, serta soal dengan kategori sukar sebanyak 3,17%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Matematika, Taksonomi Bloom Revisi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: AGUSTIYAN NUR FAIDAH sdri
Date Deposited: 02 Jun 2022 01:28
Last Modified: 02 Jun 2022 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13716

Actions (login required)

View Item View Item