PENANAMAN JIWA PANDEGA DALAM KEGIATAN SCOUTLEADERSHIP BAGI ANGGOTA RACANA SUNAN KALIJAGA-CUT NYAK DIEN IAIN PURWOKERTO

Anjar, Wahyu Adi (2022) PENANAMAN JIWA PANDEGA DALAM KEGIATAN SCOUTLEADERSHIP BAGI ANGGOTA RACANA SUNAN KALIJAGA-CUT NYAK DIEN IAIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anjar Wahyu Adi_Penanaman Jiwa Pandega Dalam Kegiatan Scoutleadership Bagi Anggota Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Laju teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat berdampak pada pergeseran nilai, karakter, sosial dan budaya era saat ini. Dalam dunia pendidikan segala upaya terus dilakukan untuk menyeimbangakan antara kemampuan penguasaan teknologi dengan nilai-nilai pendidikan seperti karakter, kepribadian dan akhlak. Melalui pendidikan kepramukaan generasi muda ditempa untuk dapat adaptif dan tidak latah dengan laju perkembangan tersebut. Istilah kepramukaan dikenal dengan semua aktivitas atau kegiatan yang berhubungan atau terkait dengan pramuka. Penyelenggaraan kepramukaan sendiri mendasarkan pada Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK) yang mencakup; nilai religius, watak atau karakter dan kepribadian, akhlak mulia serta kecakapan hidup. Metode yang digunakan mengedepankan aspek kreatif, edukatif, dan rekreatif dengan maksud dan tujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki kemantapan spiritual, emosional, sosial dan intelektual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui bagaimana peran kegiatan kepramukaan di Satuan gerak golongan pandega Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien dalam membentuk kaum muda di era perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang selaras dengan Prinsip Dasar Kepramukan dan Metode Kepramukaan. Hasil penelitian tentang Penanaman Jiwa Pandega Dalam Kegiatan Scoutleadership ialah melalui kegiatan yang terkandung dalam scoutleadership itu sendiri seperti; Upacara, melatih sikap disiplin dan tanggung jawab. Analisi diri, untuk melatih mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Public Speaking, membiasakan berbicara yang baik dan benar. Leadership, mencetak pemimpin yang cakap, terampil dan berwawasan luas. Dan pengembaraan, sebagai bentuk penghayatan keagungan Tuhan YME atas penciptaan alam raya ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jiwa Pandega, Scoutleadership, Anggota Racana
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anjar Wahyu Adi sdr
Date Deposited: 02 Jun 2022 01:23
Last Modified: 02 Jun 2022 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13713

Actions (login required)

View Item View Item