PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS 6 DI SD NEGERI 1 DAWUHAN KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA

Gita, Amalia (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS 6 DI SD NEGERI 1 DAWUHAN KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Gita Amalia_Penerapan Model Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Tematik Kelas 6 di SD Negeri 1 Dawuhan Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kondisi pandemi saat ini mewajibkan kita untuk melakukan kegiatan di rumah saja, termasuk kegiatan belajar siswa di sekolah dasar. Seiring berjalannya waktu, pandemi covid-19 ini mulai surut sehingga siswa diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka menggunakan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model blended learning dalam mata pelajaran tematik kelas 6 di SD Negeri 1 Dawuhan. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pembelajaran yang diterapkan guru kelas 6 di SD Negeri 1 Dawuhan menggunakan model blended learning, dimana dalam pelaksanaannya menggunakan pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran ini dilakukan dengan menyusun perencanaan berupa silabus, RPP, dan media pembelajaran. Sedangkan pelaksanaannya pada pembelajaran daring menggunakan group whatsapp, google meet, youtube, google form sebagai media pembelajaran dan beberapa alat peraga sebagai media pembelajaran tatap muka. Pelaksanaan pembelajaran baik daring maupun tatap muka meliputi kegiatan awal, inti, dan penutup. Evaluasi yang dilakukan guru berupa penilaian tertulis atau penilaian praktik. Keberhasilan blended learning didukung oleh beberapa faktor yaitu berasal dari pemerintah, guru, dan orang tua. Meskipun terdapat hambatan dalam pembelajaran blended learning berupa susahnya koneksi atau jaringan, perangkat HP tidak memadai, kurangnya motivasi belajar siswa, susahnya mengadakan komunikasi dengan orang tua, dan kurangnya pelatihan dan pembekalan guru dan siswa namun dapat diatasi dengan adanya pemasangan wifi sekolah, penggunaan HP secara bersamaan dengan teman, kerjasama guru dengan orang tua, pemberian reward kepada siswa, dan pelatihan kegiatan pembelajaran blended learning secara mandiri. Kata Kunci: Blended Learning, Penerapan, Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Penerapan, Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gita Amalia
Date Deposited: 02 Jun 2022 01:21
Last Modified: 02 Jun 2022 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item View Item