PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ORANG INDONESIA BERDASARKAN ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT DALAM SINTAKSIS BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA

IIN KUSTIANI, 102332028 (2015) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ORANG INDONESIA BERDASARKAN ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT DALAM SINTAKSIS BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
Iin Kustiani_PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia merupakan proses transfer of knowledge bahasa Asing yang dilakukan dalam rangka menjadikan siswa memiliki kehlian berbahasa Arab baik aktif maupun pasif. Dalam setiap pembelajaran bahasa Arab, siswa biasanya menghadapi kesulitan dalam memahami tulisan-tulisan atau teks bahasa tersebut. Hal ini dikarenakan bahasa Arab bukan merupakan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari (bahasa ibu), dari segi tata bahasa dan tulisannyapun berbeda. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti persamaan dan perbedaan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa ibu dari orang Indonesia, yang fokus pada perbandingan sintaksis kalimat dari kedua bahasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan model pembelajaran bahasa Arab berdasarkan hasil analisis kontrastif (perbandingan) antara sintaksis kalimat dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah library reaserch atau penelitian pustaka dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, datadata yang dikumpulkan oleh penulis di analisis menggunakan teori dari hocket yang terdiri dari tiga langkah teknik analisis yakni words and paradigm, item and arrangement dan item and process, dan terakhir metode kontrastif untuk membandingkan kalimat dari kedua bahasa tersebut. Dari penelitian ini, ditemukan beberapa hasil diantaranya: (1) terdapat perbedaan bentuk struktur kalimat(kalam) dari kedua bahasa tersebut diantaranya: kalimat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab dari segi unsur fungsi sintaksis sama-sama terdiri dari unsur subjek, predikat dan objek. Akan tetapi, susunan kalimat dalam bahasa Arab lebih kompleks, jika digolongkan kedalam kategori besar terbagi atas susunan jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah. (2) metode pembelajaran yang cocok untuk mengajarkan kalimat dalam bahasa Arab adalah menggunakan pendekatan non-analisis yang berdasarkan psikolinguistik dengan metode pembelajaran nahwu wa tarjamah (grammar and translation metodh). Kata Kunci: pembelajaran, analisis kontrastif, kalimat, bahasa Arab, dan bahasa Indonesia. xi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 28 Oct 2016 05:03
Last Modified: 28 Oct 2016 05:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item