KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tauhid Surohmat, 102331154 (2015) KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Tauhid S_KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kesehariannya di sekolah mempunyai tugas mengajar dan administrasi yang banyak, mulai dari menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sampai mengevaluasi hasil belajar. Karenanya banyak guru PAI yang sering meninggalkan peserta didikya untuk belajar sendiri dengan hanya memberikan tugas, bahkan banyak yang tidak sempat bersosialisasi dengan masyarakat. Karenanya luar biasa sekali manakala guru bisa mengatur waktu untuk bersosialisasi, lebih dekat dengan peserta didik dengan duduk bersama, sharing dan bercanda bersama ditengah-tengah kesibukan mereka. Karenanya guru tidak hanya dituntut untuk mempunyai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesianal saja tetapi kompetensi sosial. Seorang guru PAI yang memiliki kompetensi sosial akan mampu berkomunikasi dengan peserta didik, sesama pendidik, atasan, tenaga kependidikan, dan masyarakat secara efektif, simpatik, dan santun sebagaimana dicantumkan di dalam lampiran Permendiknas nomor 16 tahun 2007. Jika itu dikuasai oleh guru maka seperti apapun peserta didiknya maka proses pembelajaran tidak akan terganggu. Lokasi penelitian penulis adalah SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto Banyumas dengan subjek utama penelitian adalah guru PAI yang berjumlah 3 (tiga) orang yaitu H. Slamet Suparno, S. Ag., Muslichun, BA. dan Umi Kultsum, BA. dengan tujuan utamanya untuk mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru PAI di SMP tersebut. Sehingga rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto Banyumas tahun pelajaran 2014/2015. Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan pedoman pokok sebagai indikator kompetensi sosial sebagaimana yang ada dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa guru PAI di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto Banyumas mempunyai kompetensi sosial yang baik karena sesuai dengan Permendiknas No. 16 tahun 2007. Kata Kunci : Kompetensi Sosial dan Guru PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 28 Oct 2016 05:03
Last Modified: 28 Oct 2016 05:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item