PENGARUH MENONTON SENI DRAMA TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN (Pada Penonton Drama Teater Oleh Komunitas Titik Temu Pemalang)

Ayu, Apriliyanti (2022) PENGARUH MENONTON SENI DRAMA TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN (Pada Penonton Drama Teater Oleh Komunitas Titik Temu Pemalang). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ayu Apriliyanti_PENGARUH MENONTON SENI DRAMA TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seni drama merupakan sebuah kesenian yang dapat disajikan sebagai tontonan sekaligus tuntunan yang bermanfaat. Seperti halnya Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara. Penelitian dengan judul “Pengaruh Menonton Seni Drama Terhadap Pemahaman Keagamaan (Pada Penonton Drama Teater Oleh Komunitas Titik Temu Pemalang)” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh menonton seni drama terhadap pemahaman keagamaan Penontonnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teori jarum hipodermik. Dimana subjek dalam penelitian ini adalah penonton pementasan yang disajikan oleh Komunitas Titik Temu Pemalang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari kuesioner yang di sebar melalui Google Form, dengan teknik pengambilan sampling menggunakan rumus Sovlin, sehingga jumlah sempel yang digunakan sebanyak 75 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS For Windows Versi 23 dan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dan uji koefisien determinan. Dari penelitian yang dilakukan dapat diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti memiliki pengaruh positif dan signifikan antara variabel X (Menonton Seni Drama) dengan variabel Y (Pemahaman Keagamaan). Dengan demikian, variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 70,9% sedangkan sisanya 29,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Maka dari hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan yaitu Ha diterima. Kata Kunci: Pengaruh, Menonton Seni Drama, Pemahaman Keagamaan, Seni Drama, Komunitas Titik Temu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Menonton Seni Drama, Pemahaman Keagamaan, Seni Drama, Komunitas Titik Temu
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: AYU APRILIYANTI sdri
Date Deposited: 30 May 2022 06:29
Last Modified: 30 May 2022 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13696

Actions (login required)

View Item View Item