INDIVIDU DIFABEL DAN MEDIA SOSIAL: KAJIAN TERHADAP KARYA FOTOGRAFI PADA AKUN INSTAGRAM @bangdzoel_

Hendri, Kurniawan (2022) INDIVIDU DIFABEL DAN MEDIA SOSIAL: KAJIAN TERHADAP KARYA FOTOGRAFI PADA AKUN INSTAGRAM @bangdzoel_. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HENDRI KURNIAWAN_INDIVIDU DIFABEL DAN MEDIA SOSIAL; KAJIAN TERHADAP KARYA FOTOGRAFI PADA AKUN INSTAGRAM @bangdzoel_ .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia dalam hidupnya terdapat sebuah komunikasi, baik dengan dirinya, individu atau kelompok. Mereka mempunyai caranya masing-masing dalam berkomunikasi agar dapat diterima oleh orang lain termasuk orang difabel. Individu difabel juga mempunyai cara dalam menunjukan eksistensinya agar mereka diakui dan dianggap sama rata dengan orang normal pada umumnya. Media sosial adalah ruang komunikasi yang paling mudah diera sekarang ini, seperti halnya media sosial Instagram. Melalui Instagram mereka bebas berekspresi dalam bentuk karya foto atau vidio yang dapat mereka bagikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana seorang difabel memanfaatkan media sosial Instagram untuk menemukan ruang ekspresi dalam membangun eksistensinya pada sebuah karya fotografi di akun Instagram @bangdzoel_. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif fenomenologi dengan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa Bang Dzoel memanfaatkan media sosial Instagram untuk membagikan karya fotografinya guna mendapatkan eksistensi dengan sesama profesinya. Serta menjadi ruang ekspresi diri untuk membuktikan bahwa individu difabel memiliki kebebasan dalam melakukan apapun yang dicita-citakannya. Hal tersebut dibuktikan dengan dirinya yang menjadi seorang fotografer profesional. Kata kunci: Individu Difabel, Media Sosial Instagram, Fotografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Individu Difabel, Media Sosial Instagram, Fotografi.
Subjects: 700 The arts > 770 Photography and photographs
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hendri Kurniawan sdr
Date Deposited: 30 May 2022 04:08
Last Modified: 30 May 2022 04:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item View Item