Siska, Ameliana (2022) ANALISIS SEMIOTIK SAUSSURE PADA LAGU TAṢNA’UL MUSTAḤĪL DAN KONSEP PEMBELAJARAN MUFRODAT BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
Siska Ameliana_Analisis Semiotik Saussure pada Lagu Taṣna’ul Mustaḥīl dan Konsep Pembelajaran Mufrodat bagi Siswa Madrasah Aliyah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Musik merupakan sarana untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh penciptanya. Masa kini musik bergenre apapun menjadi hal yang lumrah diperdengarkan bagi semua kalangan. Apalagi sejak tiktok booming semua lagu dijadikan backsound untuk bermacam-macam video. Terkadang setiap orang memiliki maksud yang berbeda saat mendengarkan lagu. Permasalahannya mereka belum mengetahui apa maksud yang sebenarnya dari lirik lagu yang dimaksud. Padahal lagu bisa dijadikan sebagai pembelajaran terlebih lagi jika lagu berbahasa Arab karena dapat dijadikan sebagai pembelajaran mufrodat bahasa Arab seperti lagu Taṣna’ul Mustaḥīl yang dipopulerkan oleh Hamza Namira dan Humood Alkhuder. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana analisis teks lirik lagu Taṣna’ul Mustaḥīl dalam perspektif Semiotik Saussure dan bagaimana konsep pembelajaran mufrodat bagi siswa MA setelah mengetahui kata yang mengandung unsur semiotik dalam lirik lagu Arab Taṣna’ul Mustaḥīl. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis semiotika menurut pandangan Saussure dan mengetahui konsep pembelajaran mufrodat bagi siswa MA dari kata yang terdapat dalam lirik lagu Arab Taṣna’ul Mustaḥīl. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk data primer yaitu lirik dan terjemahan lagu Arab Taṣna’ul Mustaḥīl yang bisa diakses di Youtube dan internet. Teknik analisis data yaitu dengan mengamati lirik dan terjemahan lagu Arab Taṣna’ul Mustaḥīl tersebut. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa analisis semiotik Saussure ada 5 pandangan dan salah satunya adalah penanda (signifier) dan petanda (signified). Selain itu peneliti menemukan bahwa setiap orang harus memiliki niat yang baik selama hidup dan tekad yang kuat agar bisa melewati waktu dan jalan yang panjang sehingga bisa melakukan hal yang tidak mungkin. Dan dari analisis terjemahan lagu Taṣna’ul Mustaḥīl tersebut juga peneliti menemukan 18 kata yang dijadikan mufrodat. Proses untuk menemukan kata tersebut adalah dengan cara menerjemahkan terlebih dahulu lirik lagu lalu mencari bagian lirik lagu yang mengandung kiasan. Setelah itu, dicari kata yang berbentuk mufrod, taṡniyah, jamak, fi’il māḍī, fi’il muḍōri’, dan fi’il amr dan menghafal minimal lima mufrodat dari kata yang sudah ditemukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Saussure, Lagu Taṣna’ul Mustaḥīl, Pembelajaran Mufrodat |
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siska Ameliana |
Date Deposited: | 27 May 2022 01:21 |
Last Modified: | 27 May 2022 01:21 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13682 |
Actions (login required)
View Item |