IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MA MUHAMMADIYAH PEKUNCEN BANYUMAS.

ASSYFA NURUL, IZATI (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MA MUHAMMADIYAH PEKUNCEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ASSYFA NURUL IZATI_IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MA MUHAMMADIYAH PEKUNCEN BANYUMAS..pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa khususnya bahasa Arab banyak media yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran agar tersampaikan secara maksimal, salah satunya menggunakan media audio visual. Di MA Muhammadiyah Pekuncen khususnya kelas X pembelajaran bahasa Arab kurang diminati dan dianggap membosankan karena dirasa sulit oleh sebagian siswa, hal itu dikarenakan latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda Oleh karena itu guru bahasa Arab MA Muhammadiyah Pekuncen menggunakan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media audio-visual dalam pembelajaran bahasa arab kelas X MA Muhammadiyah Pekuncen kabupaten Banyumas serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media audio visual di kelas X MA Muhammadiyah Pekuncen Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah implementasi/penerapan media audio-visual dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X MA Muhammadiyah Pekuncen Kabupaten Banyumas . Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru bahasa Arab kelas X dan siswa Kelas X. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media Audio visual di kelas X di MA Muhammadiyah Pekuncen diawali dengan persiapan, seperti menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan mempersiapkan materi berupa video pembelajaran yang akan disampaikan dan peralatan yang dibutuhkan. Kemudian langkah pelaksanaan dengan kegiatan guru menampilkan video pembelajaran, siswa menyimak, kemudian siswa mempraktikan mengenai video yang ditampilkan. Langkah terakhir yaitu kegiatan tindak lanjut dengan evaluasi, yaitu evaluasi tertulis dan tidak tertulis. Evaluasi tertulis dengan mengerjakan tugas tugas dibuku kerja siswa, dan evaluasi tidak tertulis dengan penilaian praktik lisan mengenai pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
400 Language > 401 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Assyfa Nurul Izati
Date Deposited: 25 May 2022 02:13
Last Modified: 25 May 2022 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item