LITERASI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MUHAMMADIYAH TOYAREKA PURBALINGGA

Metros, Prihatin (2022) LITERASI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MUHAMMADIYAH TOYAREKA PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Metros Prihatin_Literasi dalam Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Toyareka Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah mata pelajaran yang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan dan memiliki peran utama dalam pertumbuhan ilmu pengetahuan, budaya, sosial dan ungkapan perasaan peserta didik. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan sebagai bahasa formal yang digunakan pada semua bidang. Pada jenjang sekolah dasar /madrasah ibtidaiyah kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran ini, diantaranya siswa dapat membaca, memahami bacaan, baik berbentuk teks, maupun yang disajikan dalam bentuk non-teks. Bukan hal yang mudah, untuk melakukan “transfering” materi pelajaran, karena kemampuan siswapun berbeda ragamnya. oleh karena itu tujuan penelitin ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan literasi dalam media pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Toyareka Purbalingga Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan (conclusing drawing) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MI Muhammadiyah Toyareka Purbalingga sudah menerapkan literasi dalam media pembelajaran bahasa Indonesia. Berupa media audio visual berupa video youtube,media whatssapp pada kelas II merupakan penghubung dan menyampaikan ungkapan permintaan maaf. Media power point dalam menentukan ciri-ciri puisi. Kelas VI menerapkan literasi media peta konsep dalam menentukan perkiraan isi teks pidato persuatif. Penerapan literasi dalam media pembelajaran bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah Toyareka memberikan dampak positif pada kenaikan hasil belajar siswa yang mengalami kenaikan anatar sebelum dan sesudah penerapan. Selain itu adanya semangat yang nyata ketika guru menggunakan media dalam literasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di ke-tiga kelas tersebut. Dengan demikian diperoleh data penerapan literasi dalam media pembelajaran memiliki nilai kebermanfaatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah Toyareka Purbalingga. Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Literasi, Media Pembelajaran, LITERACY IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING MEDIA AT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MUHAMMADIYAH TOYAREKA PURBALINGGA by Metros Prihatin NIM.201763010 Study Program : Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) ABSTRACT The Indonesian language subject is one of the subjects that is indispensable in the world of education and has a major role in the growth of science, culture, social and the expression of students' feelings. Indonesian is the national language and as a formal language used in all fields. At the elementary school/madrasah Ibtidaiyah level, the competencies that must be mastered by students in this learning include students being able to read, understand reading, both in the form of text, and those presented in non-text form. It is not an easy thing to do "transferring" subject matter, because the abilities of students are different. Therefore, the purpose of this study is to describe and analyze the application of literacy in Indonesian language learning media at Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Toyareka Purbalingga. This research is a field research (field research). While the research method uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques using observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use data condensation (data condensation), data presentation (data display) and drawing conclusions (concluding drawings). The results of this study indicate that MI Muhammadiyah Toyareka Purbalingga has implemented literacy in Indonesian language learning media. In the form of audio-visual media in the form of YouTube videos, WhatsApp media in class II is a liaison and conveys an apology. Media power point in determining the characteristics of poetry. Class VI applies concept map media literacy in determining the approximate content of persuasive speech texts. The application of literacy in Indonesian language learning media at MI Muhammadiyah Toyareka has a positive impact on increasing student learning outcomes which have increased between before and after implementation. In addition, there is a real enthusiasm when teachers use media in literacy in learning Indonesian in the three classes. Thus, data on the application of literacy in learning media has a useful value in learning Indonesian at MI Muhammadiyah Toyareka Purbalingga. Keywords: Literacy, Learning Media, Indonesian Language

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Literasi, Media Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: METROS PRIHATIN sdri
Date Deposited: 23 May 2022 07:56
Last Modified: 23 May 2022 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13661

Actions (login required)

View Item View Item