MANAJEMEN PERUBAHAN KURIKULUM (STUDI PERUBAHAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KE KURIKULUM 2013) DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Siti Haromah, 1223303060 (2016) MANAJEMEN PERUBAHAN KURIKULUM (STUDI PERUBAHAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KE KURIKULUM 2013) DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SITI HAROMAH_MANAJEMEN PERUBAHAN KURIKULUM (STUDI PERUBAHAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Suatu keniscayaan yang selalu terjadi didunia ini adalah perubahan. Dalam dunia yang semakin kompetitif, melakukan tranformasi perubahan adalah sebuah keharusan pendidikan sebagai penyeimbang tatanan sosial tidak lepas dari perubahan. Tuntutan kualitas pendidikan yang bermutu menjadi bagian yang mestidikembangkan demi merespon persaingan dunia yang semakin kompetitif. Melaui konsep perubahan kurikulum, pemerintah mencoba merelevansikan gejala perubahan yang terjadi saat ini dengan mengembangkan mutu pendidikan yang lebih baik. Perubahan kurikulum KTSP Ke-Kurikulum 2013 adalah salah satu jawaban dari kebijakan perubahan tersebut. Konsekuensi logis dari adanya perubahan kurikulum yang terjadi saat ini adalah sistem berada dalam ruang lingkup implementasi kurikulum atau stakeholder menjadi bagian yang perlu dikaji untuk mengetahui proses manajemen perubahan kurikulum secara nyata. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode anlisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, proses Implementasi manajemen Perubahan kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 di MI Ma’arif NU 1 Pageraji meliputi kegiatan: (a) Planning, Mengumpulkan semua stekholder; Rapat laporan kepada pihak yayasan, Proses sosialisasi; (b)Organizing, berupa Tim Pengembang kurikulum madrasah MI Ma’arif NU 1 Pageraji, Kelompok Kerja Guru (KKG) waka kurikulum pelaksana kurikuum 2013 kabupaten Banyumas dan Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Ma’arif NU 1 Pageraji; (c)Actuating, berupa kegiatan kemitraan, pelatihan guru hingga implementasi terbatas; dan (d)Controlling, melalui pengawasan dan evaluasi. Secara praktis keempat fungsi tersebut berjalan secara efektif. Hanya proses controlling yang belum mampu terlaksana secara efektif dan nyata dilapangan. Kedua, dampak manajemen perubahan terhadap proses pembelajaran yaitu:(a) Pengadaan buku (Buku guru dan buku siswa), (b) konsep mata pelajaran; dan (c) Pendekatan saintifik (scientific approach). Kata Kunci: manajemen perubahan, kurikulum KTSP 2006, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Oct 2016 06:44
Last Modified: 18 Oct 2016 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item