PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PULOSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES

UMI JAMILATUS, SA'ADAH (2022) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PULOSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAEFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak usia dini yang memiliki kepribadian yang baik maupun kepribadian yang buruk. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengatahui adakah pengaruh interaksi sosial teman sebaya dengan kepribadian anak di Desa Pulosari. Penelitian ini enggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survay dengan menggunakan angket sebagai instrumen. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah di Desa Pulosari Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes terhadap 27 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang diberikan adalah angket dengan pertanyaan masing-masing variabel 30 pertanyaan dan terdapat 2 variabel. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan tabel coefficient, pada kolom sig diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 ˂ 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Sedangkan besarnya angka pengaruh pada uji regresi linear yang diperoleh dengan hasil 0,337 pada R squere yang mengandung pengertian bahwa interaksi sosial teman sebaya berpengaruh dengan kepribadian anak sebesar 33,7 % merupakan pengaruh yang posistif. Sedangkan sisanya 66,3 % dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial, Teman Sebaya, Kepribadian Anak
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Umi jamilatus sa'adah sdri
Date Deposited: 18 May 2022 07:48
Last Modified: 18 May 2022 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item