ANALISIS PENGENDALIAN PERILAKU KONSUMTIF SANTRI PUTRI DALAM BERBELANJA ONLINE (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Al-Hidayah, Karangsuci, Banyumas)

FATIKHATUL, INAYAH (2022) ANALISIS PENGENDALIAN PERILAKU KONSUMTIF SANTRI PUTRI DALAM BERBELANJA ONLINE (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Al-Hidayah, Karangsuci, Banyumas). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FATIKHATUL INAYAH_ANALISIS PENGENDALIAN PERILAKU KONSUMTIF SANTRI PUTRI DALAM BERBELANJA ONLINE (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Al-Hidayah, Karangsuci, Banyumas).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Al-Hidayah mengajarkan santrinya untuk hidup sederhana. Namun seiring berkembangnya zaman, nilai kesederhanaan santri mulai goyah. Perilaku santri dalam berbelanja online tidak hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan saja namun juga untuk memenuhi kepuasan diri. Oleh karena itu, perilaku konsumtif santri dalam berbelanja online harus dikendalikan. Hal ini bertujuan agar santri mengimplementasikan apa yang diajarkan oleh guru, tidak hanya menerima teori kesederhanaan semata. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa santri putri Pondok Pesantren AlHidayah senang berbelanja online. Barang yang dibeli merupakan barang kebutuhan sekunder. Tingkat konsumtif santri putri Pondok Pesantren Al-Hidayah masih dalam kondisi yang wajar sehingga pengendalian yang dilakukan masih standar. Pengendalian perilaku konsumtif dilakukan melalui dua cara yaitu eksternal dan internal. Pengendalian internal dilakukan oleh diri santri sendiri sedangkan pengendalian eksternal dilakukan oleh pengurus, dewan asatidz, dan pengasuh pondok pesantren. Penegakkan peraturan belanja online merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan tingkat konsumtif santri putri dalam berbelanja online di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesederhanaan, Pengendalian, Perilaku Konsumtif, Belanja Online
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Fatikhatul Inayah
Date Deposited: 17 May 2022 01:55
Last Modified: 28 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

View Item View Item