UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MI MUHAMMADIYAH KALIKABONG KALIMANAH PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ENDAH CAKHYATI, 082334035 (2016) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MI MUHAMMADIYAH KALIKABONG KALIMANAH PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
ENDAH CAKHYATI_UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MI MUHAMMADIYAH KALIKABONG KALIMANAH PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru kurang tepat dalam menggunakan metode pembelajaran dan Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits sehingga sehingga siswa cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran Al Qur’an Hadits. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang Upaya peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Muhammadiyah Kalikabong Kalimanah Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Muhammadiyah Kalikabong Kalimanah Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/ 2013?” Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Muhammdiyah Kalikabong pada Tahun Ajaran 2012/2013.Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan pemikiran kepada guru kelas atau guru yang mengampu mata pelajaran Al Qur’an Hadis untuk dijadikan acuan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya. Hasil penelitian ini adalah dalam penggunaan metode guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis MI Muhammadiyah Kalikabong telah melakukan variasi penggunaan metode pengajaran dan menjadi alternatif yang penting, karena siswa akan semakin bersemangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Berbeda dengan pemenggunakan metode pengajaran yang monoton, siswa dimungkinkan akan mengantuk dan perhatianya kurang karena membosankan. dalam penggunaan metode khususnya guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis MI Muhammadiyah Kalikabong telah sesuai dengan tujuan, materi, media, dan dengan keberagaman siswa. Sehingga diperoleh hasil maksimal karena guru dapat menciptakan kondisi kelas yang menjadi hidup dan siswa dapat belajar dengan semangat. Dalam evaluasi khususnya dilakukan oleh guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis MI Muhammadiyah Kalikabong sudah baik, karena pnilaian tidak hanya dilakukan pada siswa tetapi juga terhadap pekerjaan guru itu sendiri. Sehingga dengan evaluasi guru dapat mengetahui kemajuan peserta didik, mendiagnosis kesulitan belajar, memberikan umpan balik, memotifasi guru agar mengajar menjadi lebih baik, dan memotivasi anak didik untuk belajar lebih baik. Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Guru, Al Quran Hadits

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Jun 2016 01:32
Last Modified: 09 Jun 2016 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item