MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BAGI PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN TAMANSARI SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS BANYUMAS

Singgih, Prasetya Aji (2022) MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BAGI PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN TAMANSARI SMP NEGERI 1 KARANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Singgih Prasetya Aji_Manajemen Program Literasi Bagi Peserta Didik di Perpustakaan Tamansari SMP Negeri 1 Karanglewas Banyumas.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis membahas mengenai manajemen program literasi bagi peserta didik di Perpustakaan Tamansari SMP Negeri 1 Karanglewas Banyumas. Adapun tujuan mengenai penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen program literasi bagi peserta didik di Perpustakaan Tamansari SMP Negeri 1 Karanglewas Banyumas Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek yang diteliti dan menghasilkan data deskriptif yang berupa bentuk dokumen tulisan dan juga lisan yang didapatkan oleh peneliti melalui tahapan wawancara, observasi dan dokumentasi saat penelitian. Pada tahapan teknis analisis dan keabsahan data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan keabsahan data. Subjek atau sumber data penelitian yaitu : Kepala SMP Negeri 1 Karanglewas, Waka Kurikulum, Kepala Perpustakaan, Pustakawan Perpustakaan, Guru SMP Negeri 1 Karanglewas dan Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen program literasi bagi peserta didik di Perpustakaan Tamansari SMP Negeri 1 Karanglewas Banyumas sebagai berikut : pada tahapan perencanaan sudah direncanakan dengan cukup baik. Proses perencanaan yang dilakukan baik dalam program literasi bagi peserta didik dilakukan pada awal semester, membuat program literasi, sosialisasi teknis pelaksanaan program literasi kepada guru dan peserta didik. Pada tahapan pengorganisasian sudah cukup baik dan sistematis. Kegiatan pengorganisasian yang dilakukan membuat SK tim literasi, pembagian tugas dan tanggung jawabnya, penyusunan kegiatan-kegitan literasi dan sarana prasarana yang menunjang kegiatan literasi bagi peserta didik, serta koordinasi dan komunikasi yang terjalin sudah cukup baik. Pada tahap pelaksanaan sudah cukup baik. Pelaksanaan program literasi dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan dan tahapan pembelajaran. Dalam tahapan pembiasaan dilakukan setiap Senin-Sabtu, sedangkan dalam tahapan pengembangan dan pembelajaran dilaksanakan dengan kegiatan lomba bulan bahasa, mengingat tidak dapat berjalan semuanya karena keterbatasan pembelajaran tatap muka. Pada tahap evaluasi sudah cukup baik dimana model evaluasi yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam manajemen program literasi di Perpustakaan Tamansari SMP Negeri 1 Karanglewas Banyumas melihat dari hasil rangkuman hasil bacaan peserta didik yang dikumpulkan dan d tanda tangani, maka dari itu diketahui sejauh mana peningkatan literasi bagi peserta didik. Kata Kunci : Manajemen, Program Literasi, Perpustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Literasi, Perpustakaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Singgih Prasetya Aji
Date Deposited: 28 Apr 2022 01:53
Last Modified: 28 Apr 2022 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13548

Actions (login required)

View Item View Item