PERAN HOME INDUSTRI BULU MATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Sangkanayu Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga)

FELICIA, MUKAROMAH (2022) PERAN HOME INDUSTRI BULU MATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Sangkanayu Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_ Bab V_Daftar pustaka.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FELICIA MUKAROMAH_PERAN HOME INDUSTRI BULU MATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Meningkatkan perekonomian adalah suatu proses perbaikan kondisi perekonomian yang lemah menjadi perekonomian yang lebih baik atau mengalami kemajuan dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Home Industri Bulu Mata dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam di desa Sangkanayu. Masyarakat di desa Sangkanayu menggantungkan perekonomiannya pada sektor pertanian. Bekerja sebagai petani memberikan penghasilan yang masih kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Hal ini menjadikan keberadaan industri rumahan bulu mata yang ada di desa Sangkanayu dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat tanpa memandang usia, keahlian dan pendidikan tinggi sehingga diharapkan dapat menambah pendapatan keluarga dan mensejahterakan perekonomian masyarakat di desa Sengkanayu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari data yang telah diperoleh kemudian disajikan berdasarkan analisis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Peran Home Industri Bulu Mata dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam yaitu Home Industri bulu mata memiliki peran untuk meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat atau keluarga. Menurut pandangan ekonomi Islam bekerja menjadi bentuk kegiatan yang diperintahkan Allah sebagai upaya untuk mencari rizki begitu juga dengan adanya nafsu yang diberikan oleh Alloh SWT. Sering kali manusia terlena dengan nikmat yang diberikan Alloh SWT, hal tersebut dibuktikan dengan perilaku manusia yang tidak mensyukuri semua nikmat dengan sikap berlebih-lebihan (israf). Berlebih-lebihan disini adalah mereka menghadapi hidup yang dihadapkan oleh permasalahan kebutuhan dan pendapatan yang dirasa masih kurang terus dan belum merasa banyak sehingga menjadikan mereka untuk bekerja terus-menerus hingga melampaui batasannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Home Industri, Bulu Mata Perspektif Ekonomi Islam, Perekonomian Masyarakat
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Felicia Mukaromah sdri
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:59
Last Modified: 22 Apr 2022 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13468

Actions (login required)

View Item View Item