INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA JAMAAH JUGURAN SYAFAAT DI PURWOKERTO)

One Faiz, Atik Kurohman (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA JAMAAH JUGURAN SYAFAAT DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
One Faiz Atik Kurohman_Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pada Jamaah Juguran Syafaat di Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelompok orang-orang Maiyah, salah satu komunitas sosial yang mengkaji permasalahan realitas kehidupan dimana kelompok tersebut mengadakan kegiatan rutinan (Maiyahan) dengan pola kegiatan yang menarik. Letak keunikan Maiyahan salah satunya adalah terjaganya semangat kesadaran bersama bahwa semua orang yang hadir berhak berbicara. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research), karena mengamati proses berlangsungnya kegiatan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada jamaah juguran syafaat di Purwokerto. Penelitian lapangan yaitu metode yang dilakukan peneliti untuk mengadakan pengamatan suatu keadaan alamiah disertai dengan pengumpulan data kualitatif. Pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama, nilai akidah atau ketauhidan, Jamaah Maiyah memahami materi yang berkaitan erat dengan keyakinan dan kepercayaan jamaah itu sendiri. Kedua, nilai syariah, penerapan yang dilakukan oleh jamaah juguran syafaat yaitu seorang yang berjiwa baik haruslah mengatuhi syari’ah, hukum-hukum yang terkait dengan fikih muamalat, yang membahas tentang bagaimana cara bermasyarakat yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan. Ketiga, nilai akhlak, Jamaah Maiyah dalam bermasyarakat haruslah bersikap sopan santun, bersikap anggah-ungguh ketika melayani yang lebih tua usianya dan juga menghormati sesama jamaah. Keempat, nilai kemasyarakatan, pengaturan pergaulan hidup manusia di atas bumi, misalnya pengaturan tentang benda, ketatanegaraan, hubungan antarnegara, hubungan antarmanusia dalam dimensi sosial, dan lain-lain. Proses internalisainya dikelompokan ke dalam 3 tahapan: Pertama, transformasi nilai, dengan pemberian informasi melalui ceramah dan pemberian contoh. Kedua, transaksi nilai, dengan adanya diskusi serta tanya jawab. Ketiga, transinternalisasi nilai, dengan adanya pendalam dengan pengamalan dan penerapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Pendidikan Islam, Juguran Syafaat.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ONE FAIZ ATIK KUROHMAN sdr
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:50
Last Modified: 22 Apr 2022 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13454

Actions (login required)

View Item View Item