STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PURWOKERTO

BINTANG TRIRAHMA, BINTANG (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN SAIZU Purwokerto.

[img]
Preview
Text
STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI PONDOK PESANTREN_BINTANG TRIRAHMA_1617201010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan ekonomi pondok pesantren merupakan proses kegiatan atau tahap-tahapan berikutnya dalam suatu pondok pesantren untuk mengembangkan kewirausahaan santri yang bertempat tinggal di pesantren. Dalam strategi pengembangan ekonomi pesantren dari pihak pengasuh telah memiliki fasilitas yang diberikan kepada para santrinya untuk pengembangan jiwa kewirausahaan seperti koperasi, pertanian, perkebunan sampai warung makan dan kopi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Yakni dengan pendekatan case studies, yaitu studi yang menggali suatu masalah dengan batasan yang terperinci, memiliki pengambilan data yang mendalam disertai berbagai sumber informasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto memiliki potensi mencetak santri yang berjiwa kewirausahaan, yaitu mampu melakukan kemandirian dalam berekonomi untuk bekal jika mereka para santri telah selesai dari Pondok Pesantren. Tetapi peran dari pihak pengasuh dalam pengembangan ekonomi dalam saat ini masih banyak target-target yang telah ditetapkan tetapi masih belum terselesaikan, seperti Darussalam Business Center yang mana nantinya akan menjadi semi otonom kewirausahaan yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: S t r a t e g i Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren, Jiwa Kewirausahaan, Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
300 Social sciences > 330 Economics > 337 International economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bintang Trirahma sdr
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:47
Last Modified: 22 Apr 2022 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13450

Actions (login required)

View Item View Item