KOMODIFIKASI AGAMA ISLAM DALAM BUDAYA BERPAKAIAN PADA JAMAAH MAJELIS JALSATUNNISA AZ-ZAHRA PEMALANG

Maskurotul, Aeni (2022) KOMODIFIKASI AGAMA ISLAM DALAM BUDAYA BERPAKAIAN PADA JAMAAH MAJELIS JALSATUNNISA AZ-ZAHRA PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Maskurotul Aeni_Komodifikasi Agama Dalam Budaya Berpakaian pada Jamaah Majellis Jalsatunnisa Az-Zahra Pemalang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena pentransformasian nilai guna menjadi nilai tukar yang disebut dengan istilah Komodifikasi bukanlah sesuatu yang baru. Terlebih dengan sifat konsumerisme masyarakat yang ditambah dengan adanya praktik dan ideologi dalam masyarakat membuat Komodifikasi berkembang dan berubah menjadi Komodifikasi Agama. Komodifikasi Agama merupakan penggunaan nilai-nilai dalam suatu agama untuk dijadikan atau dimasukan kedalam suatu produk sehingga memiliki nilai tukar. Pemahaman mengenai menutup aurat terkhusus bagi seorang perempuan merupakan suatu kewajiban dan hal tersebut sudah tecantum dalam Al-Qur’an dan Hadits. Dalam beberapa waktu ini fashion atau pakaian seorang muslimah menjadi trand di semua kalangan masyarakat. Seperti dalam Majelis Jalsatunnisa Az-Zahra juga menjadi penikmat dari pesatnya perkembangan fashion ini. Cara berpakaian para jamaah Majelis Jalsatunnisa Az-Zahra ini dipengaruhi selain oleh trand juga dipengaruhi oleh keberadaan guru yang mereka idolakan. sehingga fashion yang ditawarkan lebih dari sekedar busana berpakaian saja, melainkan sebagai gaya hidup dan style. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini ialah Bagaimana profil Majelis Ta’lim Jalsatnnisa Az-Zahra dan Bagaimana komodifikasi agama yang terjadi dalam budaya berpakaian pada Majelis Ta’lim Jalsatunnisa Az-Zahra? Subjek penelitian ini jamaah dan pembina Majelis Ta’lim Jalsatunnisa Az-Zahra. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan teknik Sampling Purpouse dan Sampling Snowball. Selanjutnya data dianalis dengan mereduksi data dan pengklasifikasian. Setelah itu analisis dinarasikan secara deskriptif dan diorganisasikan pada keterkaitan sosial masyarakat kemudian verifikasi data hingga penyimpulan. Menggunakan Teori Ekonomi Politik Komunikasi ( Vincent Mosco) dan Ritualized Symbolic (Simbol Keagamaan). Hasil dalam penelitian ini menghasilkan Profil dan peran Majelis Jalsatunnisa Az-Zahra. mengungkapkan bahwa fenomena komodifikasi agama ini terjadi pada Majelis Jalsatunnisa Az-Zahra. Hal tersebut terbukti dari adanya proses komodifikasi yang terjadi mulai dari: Segi Isi, Segi Khalayak dan Segi Tenaga Kerja. Dan dari proses tersebut kemudian muncul bentuk-bentuk komodifikasi agama diantaranya: mencipatakan objek dari agama yang bernilai jual dimasyarakat, menciptakan pembelaan atau pembenaran agama dalam komunitas masyarakat dijadikan sebagai lahan penghasil keuntungan dan dianggap sebagai tempat mencari ketenangan psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Komodifikasi Agama, Budaya Berpakaian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Maskurotul Aeni
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:58
Last Modified: 07 Apr 2022 05:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13446

Actions (login required)

View Item View Item