PERAN USAHA RONGSOK DALAM MENSEJAHTERAKAN PEMULUNG DI PURWOSARI KECAMATAN BATURRADEN BANYUMAS (Studi Kasus Usaha Rongsok di Purwosari Kecamatan Baturraden Banyumas)

Asa Lutfi, Rosidah (2022) PERAN USAHA RONGSOK DALAM MENSEJAHTERAKAN PEMULUNG DI PURWOSARI KECAMATAN BATURRADEN BANYUMAS (Studi Kasus Usaha Rongsok di Purwosari Kecamatan Baturraden Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof.K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ASA LUTFI ROSIDAH_PERAN USAHA RONGSOK DALAM MENSEJAHTERAKAN PEMULUNG DI PURWOSARI KECAMATAN BATURADEN BANYUMAS (STUDI KASUS USAHA RONGSOK DI PURWOSARI KECAMATAN BATURADEN BANYUMAS).pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Peran pengepul sangatlah penting, adanya usaha rongsok merupakan salah satu pendukung karena sampah-sampah yang tidak bernilai dapat disortir dan didistribusikan untuk didaur ulang menjadi barang-barang yang memiliki nilai guna, pengepul juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan para pemulung yang merupakan masyarakat kurang mampu dan dipandang sebelah mata. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penghasilan yang didapatkan dari hasil sampah itu sendiri ialah sekitar Rp. 2.000.000. sedangkan yang berada dikelas biasa dikhususkan melakukan penjemputan sampah dengan berat yang lebih ringan dibandingan bagian bisnis yaitu 500 kg penjemputannya berlokai dikalangan masyarakat seperti mahasiswa dan ibu-ibu rumah tangga. Walaupun hanya dengan bagian biasa namun pendapatan yang didapatkan yaitu Rp. 500.000. – Rp. 1.000.000. Mitra pengepul sampah terbukti bahwa pengepul telah berhasil mensejahterakan pemulung dan pekerja, dalam hal ini pemulung yang bergabung di usaha pengepul memiliki sifat loyal dengan mengajak yang lain yakni seprofesi dengannya untuk bergabung di usaha pengepul sampah. Dalam hal ini pemulung telah terbukti diberdayakan di pengepul sampah yaitu dengan bertambahnya jumlah pemulung dari awal berdirinya pengepul sampah pada tahun 2012 sampai sekarang ini tahun 2021 yang sudah berjalan selama 10 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Usaha Rongsok, Mensejahterakan Pemulung
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Asa Lutfi Rosidah sdri
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:03
Last Modified: 07 Apr 2022 06:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item View Item