PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AKHLAK PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-MASRURIYAH KEBUMEN BANYUMAS

Khotifah, Khotifah (2022) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AKHLAK PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-MASRURIYAH KEBUMEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khotifah_Problematika Pendidikan Akhlak pada Era Pandemi Covid-19 di MTs Al-Masruriyah Kebumen Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan sikap yang sudah menjadi kebiasaan dan orang melakukannya secara spontan. Pentingnya pembelajaran akhlak sebagaimana telah dicantumkan dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional bahwa salah satu tujuan dari pendidikan adalah terbentuknya akhlak mulia peserta didik. Namun di era pandemi dimana terjadi perubahan pada pelaksanaan pendidikan dari tatap muka menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring) membuat penyampaian nilai-nilai akhlak kepada siswa menjadi lebih sulit karena tidak ada pertemuan langsung antara guru dan siswa. Sebagaimana diketahui bahwa akhlak merupakan salah satu pembelajaran yang bersifat afektif dimana adanya pengaruh pembelajaran terhadap sikap hanya dapat diketahui melalui pengamatan langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran akhlak di era pandemi di MTs Al-Masruriyah Baturraden, mengetahui permasalahan atau problematika pembelajaran akhlak di era pandemi dan mengetahui solusi apa yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitataif. Pada proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru, siswa, dan orang tua siswa MTs Al-Masruriyah Baturraden. Objek dari penelitian ini yaitu pembelajaran akhlak di era pandemi covid-19. Teknik analisis data yang digunakan yakni Milles & Hubberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil pembelajaran di MTs Al-Masruriyah yakni menerapkan pembelajaran secara online yang dilakukan melalui grup whatsapp dan secara offline melalui Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Beberapa permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran akhlak di era pandemi covid-19 beserta solusinya diantaranya; permasalahan ekonomi dengan cara mengarahkan siswa untuk belajar bersama bagi siswa yang tidak memiliki kuota, permasalahan penilaian akhlak siswa dengan menilai respon siswa pada proses pembelajaran di grup, permasalahan komunikasi dantara guru, siswa dan orang tua siwa dengan mengadakan PTM terbatas, permasalahan waktu pembelajaran antara guru dan siswa yang terbatas dengan mengadakan konsultasi bagi siswa yang bermasalah serta permasalahan internaliasasi nilai akhlak siswa yakni dengan konsultasi dan homevisit ke rumah siswa yang bermasalah. Kata kunci: Pendidikan akhlak, Pendidikan di era pandemi covid-19, Problematika pendidikan akhlak di era pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak, Pendidikan di era pandemi covid-19, Problematika Pendidikan akhlak di era pandemi covid-19
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khotifah Khotifah sdri
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:02
Last Modified: 04 Mar 2022 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13404

Actions (login required)

View Item View Item