Dwi, Julisah (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANTRI WASHLUN DAN SANG KYAI KARYA AZIZAH MAGHFIROH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_ Daftar Pustaka.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
DWI JULISAH_ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN.pdf Download (51MB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis wacana model Teun Van. Dijk. Teknik pengumpulan datanya adalah mempelajari isi cerita yang terdapat dalam novel dan data yang digunakan ialah isi cerita tersebut yang meliputi kata, kalimat, paragraf dan bahasa yang digunakan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, berdasarkan analisis teks terbagi menjadi tiga yakni dari segi struktur makro atau tematik mengangkat beberapa tema besar diantaranya ilmu, akhlak, dan pengamalannya, bersikap sabar, syukur, tawakal dan rendah hati, serta tema mengenai adab seorang murid terhadap guru. Serta temuan nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Santri Washlun dan Sang Kyai yakni bertaqwa kepada Allah, memiliki sikap husnudzon, bersabar, bersyukur, ta’dzim kepada guru, dan bertawakal. Serta implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam desain pembelajaran PAI berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdiri atas beberapa komponen. Penggunaan Novel Santri Washlun dan Sang Kyai sebagai media dan sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII Materi Menghias Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Sholeh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Teks, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Novel Santri Washlun dan Sang Kyai, Desain Pembelajaran PAI |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dwi Julisah sdri |
Date Deposited: | 28 Feb 2022 02:09 |
Last Modified: | 28 Feb 2022 02:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13379 |
Actions (login required)
View Item |