PEMBERIAN GANTI RUGI TANAH PADA PENGADAAN LAHAN PROYEK BANDARA JENDRAL BESAR SOEDIRMAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Kemangkon Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga)

Andhika, Iman Saputra (2022) PEMBERIAN GANTI RUGI TANAH PADA PENGADAAN LAHAN PROYEK BANDARA JENDRAL BESAR SOEDIRMAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Kemangkon Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
andhika iman saputra-Pemberian Ganti Rugi Tanah Pada Pengadaan Lahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bandara merupakan salah satu fasilitas kepentingan umum yang bisa mendapatkan pengadaan lahan. Pengadaan lahan untuk pembangunan bandara juga terjadi pada proyek pembangunan Bandara Jendral Besar Soedirman yang terletak di Desa Kemangkon Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan untuk Mengetahui mekanisme Pemberian Ganti Rugi Tanah pada Pengadaan Lahan Proyek Bandara Jendral Besar Soedirman di Desa Kemangkon Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga serta bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pemberian ganti rugi tersebut. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif. Yuridis normatif yaitu jenis pendekatan yang menggunkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku atau metode pendekatan hukum doktrinal yaitu teori-teori hukum dan pendapat para Ilmuwan hukum. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penelusuran, membaca dan mencatat, tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengklasifikasinya, yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan Penelitian ini menunjukan bahwa, mekanisme pengadaan tanah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 dengan tahapan yakni perencanan,persiapan, pelaksanaan, dan penyerahan hasil. Adapun upaya yang dilakukan dalam pemberian ganti rugi dalam proyek pembangunan Bandara Jendral Besar Soedirman antara lain pemberitahuan/sosialisasi, pengukuran, pendataan, pengolahan data, cross cek hasil pendataan, pengumuman hasil pendataan, musyawarah harga, penghitungan besar ganti rugi, cross cek hasil penghitungan ganti rugi, rekapitulasi penghitungan ganti rugi serta pengajuan pembayaran ganti rugi. Pemberian Ganti Rugi sesuai dengan konsep Ta‘wi>d}, dan aspek penting tersebut pada menunaikan akad wajib yang terdapat dalam surat al-Maidah ayat 1 sebagai pedoman serta dengan jalan Istila’ yaitu tanah yang diperoleh melelui perundingan damai. Kata kunci : Ganti Rugi, Pengadaan Lahan, Hukum Islam, dan Bandara Jendral Besar Soedirman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ganti Rugi, Pengadaan Lahan, Hukum Islam, dan Bandara Jendral Besar Soedirman
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Andhika iman Saputra sdr
Date Deposited: 28 Feb 2022 02:02
Last Modified: 28 Feb 2022 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13375

Actions (login required)

View Item View Item