Hubungan Pendidikan Kepramukaan Dengan Kecerdasan Emosional Siswa di SD N 01 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

Isna, Cahyani and Muhammad, Hizbul Muflihin (2022) Hubungan Pendidikan Kepramukaan Dengan Kecerdasan Emosional Siswa di SD N 01 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof KH. Saeffudin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_Bab I_Bab v_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isna Cahyani_ Hubungan Pendidikan Kepramukaan dengan Kecerdasan Emosional Siswa di SD N 01 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler Kepramukaan merupakan salah satu eskstrakurikuler yang ada di Sekolah. Ekstrakurikuler ini merupakan wadah untuk mengekspresikan atau mengembangan potensi yang dimiliki, dimana kegiatannya identik dengan lingkungan dan sosial. Ekstrakurikuler kepramukaan dapat membentuk kepribadian dan menggali potensi yang dimiliki peserta didik, karena sifatnya yang menarik dan diterima semua kalangan, sehingga peserta didik lebih leluasa dalan mengembangkan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eks facto, dimana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel-variabel terikat dalam suatu penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1, 2, 3, 4,5 6 SD Negeri 01 Sokawera berjumlah 232 siswa dengan mengambil sub populasi sebanyak 69 siswa. Pengumpulan data yang digunakan ialah instrumen angket. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus korelasi Spearman. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 01 Sokawera tentang Hubungan Pendidikan Kepramukan dengan Kecerdasan Emosional Siswa dapat diketahui bahwa ada hubungan antara Pendidikan Kepramukaan dengan Kecerdasan Emosional Siswa jika dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Pendidikan Kepramukaan dengan Kecerdasan Emosional Siswa di SD N 01 Sokawea Kecamatan Cilongok Kabupaten Bamyumas. Serta berdasarkan nilai koefisien yang diperoleh dari hasil uji korelasi, antara variable X (Pendidikan Kepramukaan) dan variable Y angka korelasi sebesar 0,0568. Sehingga nilai determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,3226 atau 32,26%. Besarnya nilai koefisien yang dihasilkan terletak diantara 0,41 s/d 0,60, hal ini menunjukan hubungan antara variable X (Pendidikan Kepramukaan) dengan variable Y (Kecerdasan Emosional) terdapat korelasi yang sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Pendidikan Kepramukaan dengan Kecerdasan Emosional Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Isna Cahyani
Date Deposited: 28 Feb 2022 02:04
Last Modified: 19 Apr 2024 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item View Item