NILAI-NILAI DAKWAH OKI SETIANA DEWI (OSD) DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Khusnul, Khotimah (2022) NILAI-NILAI DAKWAH OKI SETIANA DEWI (OSD) DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khusnul Khotimah_Nilai-Nilai Dakwah Oki Setiana Dewi Di Jejaring Sosial Youtube (Analisis Semiotika Roland Barthes)_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai dakwah pada ceramah Oki Setiana Dewi di jejaring sosial YouTube menggunakan Analisis Semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan teori Mahmud Syaltut yang dianalisis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dalam penelitian ini nilai-nilai dakwah yang diambil dari ketiga video di channel OSD Official yang diambil peneliti berdasarkan 3 video dengan penonton terbanyak. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi, dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya peneliti menemukan nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam ceramah OSD. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai akidah melalui video berjudul berkah amal jariyah, kemudian syariah dalam video hiasi diri dengan tawadhu, dan video ke 3 cara memaafkan yang termasuk dalam implementasi akidah. Ketiga video tersebut merupakan bukti kebaikan yang bersifat manusiawi dalam teori Mahmud Syaltut sehingga secara otomatis juga ketiganya mengandung nilai-nilai islam terkait dengan akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai dakwah, YouTube, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: KHUSNUL KHOTIMAH sdri
Date Deposited: 26 Feb 2022 07:06
Last Modified: 26 Feb 2022 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item