UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN CARA MEMELIHARA KESEHATAN KERANGKA TUBUH MENGGUNAKAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH BUKATEJA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nanang Hidayat, 133911546 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN CARA MEMELIHARA KESEHATAN KERANGKA TUBUH MENGGUNAKAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH BUKATEJA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftara Pustaka.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
Nanang Hidayat_UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode investigasi kelompok mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kebutuh Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Untuk mendapat data yang diteliti, peneliti mengambil data dari keseluruhan sampai yang ada yaitu siswa. Adapun metode yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Kemudian dianalisis dengan membandingkan antara hasil nilai ujian pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus pertama dan juga siklus selanjutnya sampai benar-benar telah mencapai tujuan yang diinginkan. Dari analisa peneliti, diketahui bahwa setelah mengadakan penelitian tindakan kelas, hasil belajar mata pelajaran IPA melalui penerapan metode Investigasi kelompok mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil tes rata-rata peserta didik selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dari tiap siklus juga mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I diperoleh 65,75 siswa mempunyai prestasi belajar dengan kriteria cukup baik, Sedangkan pada siklus II diperoleh 79,50 siswa mempunyai hasil belajar dengan kriteria baik. Kata Kunci: Metode Investigasi, Mapel IPA, siswa MI MI Muhammadiyah Kebutuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:42
Last Modified: 11 Oct 2016 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item