PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA EDUKATIF PAPAN FLANEL PADA KELOMPOK B BA'AISYIYAH KALIAJIR KECAMATAN PURWANEGARA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Cici, Karlina (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA EDUKATIF PAPAN FLANEL PADA KELOMPOK B BA'AISYIYAH KALIAJIR KECAMATAN PURWANEGARA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi- Cici karlina -14233311007-PIAUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ketrampilan Bercerita merupakan salah satu indikator perkembangan bahasa pada anak-anak usia dini. Penelitian ini akan menjawab bagaimana pengembangan kemampuan bercerita melalui media edukatif papan flanel pada anak kelompok B di BA'Aisyiyah Kaliajir Kecamatan Purwanegara Banjarnegara?. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan bercerita kelompok B di BA'Aisyiyah Kaliajir Kecamatan Purwanegara Banjarnegara. Gambar papan flanel yang besar memudahkan mereka melihat dan menginterpretasi serta memahami cerita yang dibawakan guru, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan bercerita anak usia dini dengan menggunakan media edukatif papan flanel pada kelompok B BA'Aisyiyah Kaliajir Kecamatan Purwanegara Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anaka kelompok B yang berjumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi penarikan kesimpulan. Hasil dari penilitan yang telah dilaksanakan adalah dalam mengembangkan kemampuan bercerita melalui media edukatif papan flanel pada anak kelompok B BA'Aisyiyah Kaliajir diperlukan langkah seperti menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan media pembelajaran atau bahan ajar yang akan disampaikan seperti menyiapkan media papan flanel dan speaker agar suara terdengar jelas. Selanjutnya langkah yang dilakukan seperti mengatur tempat duduk menjadi setengah lingkaran, setelah itu menyampaikan materi bercerita kepada anak dan melaksanakan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Strategi guru yang digunakan dalam pengembangan kemampuan bercerita adalah dengan cara menampilkan gamabar-gambar flanel yang menarik seperti gambar hidup, selain itu siswa dalam posisi duduk dibuat senyaman mungkin, seperti posisi duduk setengah ligkaran dan pada saat menyampaikan cerita guru juga sambil memanggil nama anak agar seolah-olah ikut dalam cerita tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kemampuan Bercerita, Media Edukatif, Papan Flanel.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: CICI KARLINA
Date Deposited: 26 Feb 2022 02:27
Last Modified: 26 Feb 2022 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13347

Actions (login required)

View Item View Item