PENGARUH PERSEPSI DAN PERILAKU SANTRI TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KC PURWOKERTO (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA PURWOKERTO)

JUNAENTI, APRILIA (2022) PENGARUH PERSEPSI DAN PERILAKU SANTRI TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KC PURWOKERTO (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
JUNAENTI APRILIA_PENGARUH PERSEPSI DAN PERILAKU SANTRI TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KC PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank syariah sebagai intermediasi keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan, kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk lain yaitu pembiayaan dan pelayanan jasa-jasa. Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh proses pengideraan, yang merupakan proses diterimanya suatu stimulus oleh individu melalui alat indra atau disebut juga dengan proses sensoris. Adapun perilaku merupakan semua kegiatan maupun tindakan, serta proses yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model field research. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan purpossive sampling dengan jumlah sampel 87 responden. Teknik analisis data menggunakan uji rank spearman, kendall’s w dan regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi untuk meningkatkan keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari perilaku untuk meningkatkan keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi dan perilaku secara bersama-sama untuk meningkatkan keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Santri, Perilaku Santri, Perbankan Syariah, Keputusan Menabung
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: JUNAENTI APRILIA sdri
Date Deposited: 26 Feb 2022 02:14
Last Modified: 26 Feb 2022 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13333

Actions (login required)

View Item View Item