IMPLEMENTASI KURIKUKLUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS 5 SD N SLARANG 02 KESUGIHAN CILACAP PADA MASA PANDEMI COVID 19

SITI AL, MUKAROMAH (2022) IMPLEMENTASI KURIKUKLUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS 5 SD N SLARANG 02 KESUGIHAN CILACAP PADA MASA PANDEMI COVID 19. Skripsi thesis, UIN K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
2 SKRIPSI SITI AL MUKAROMAH 1717405037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan tindak lanjut dari kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang pernah diujicobakan pada tahun 2004, yang menekankan pada pendidikan karakter. Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter, dengan pendekatan tematik dan kontekstual diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak muliaAdapun fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia selama masa pandemic covid 19? (2) Faktor-faktor pendukung dan pengambat apa saja dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD N Slarang 02, serta solusi yang ditempuh untuk mengatasi faktor-faktor penghambat dalam implementasi Kurikulum 2013 di SD N Slarang 02 pada masa pandemi covid 19? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 5 SD N Slarag 02 terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kendala yang dihadapi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas 5 yaitu keterbatasan pengetahuan guru mengenai penerapan model pembelajaran tematik, serta format penilaian kurikuum 2013 yang dimana guru masih kurang menguasai, terbatasnya sarana dan prasarana.Solusi yang diambil yaitu dengan menyusun RPP secara bersama-sama dalam kegiatan KKG, melengkapi sarana dan prasarana pendukung. Masuknya virus Corona di Indonesia membawa dampak besar terhadap kehidupan masyarakat, mulai dari kehidupan kesehatan, ekonomi, keagamaan, maupun dunia pendidikan. Dampak virus corona dalam dunia pendidikan bisa terlihat pada kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan dari tingkat PAUD sampai perguruan tinggi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah meluasnya penularan virus corona. Proses pembelajaran dari rumah rumah melalui pembelajaran online idealnya dapat mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat sesuai dengan jenjang pendidikanya. Pembelajaran secara online ini merupakan keharusan karena dengan demikian pendidikan tetap dapat terselenggara ditengah darurat pandemi Covid 19 ini Kata Kunci : Implementasi Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pandemi Covid19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pandemi Covid19
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Al-Mukaromah sdri
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:34
Last Modified: 25 Feb 2022 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13294

Actions (login required)

View Item View Item