HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN FLOW PADA SANTRI PENGHAFAL AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KABUPATEN BANYUMAS

Nur Azizah, Hasanah (2022) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN FLOW PADA SANTRI PENGHAFAL AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NUR AZIZAH HASANAH_1717101076.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Santri penghafal Al-Quran adalah seseorang yang mendalami ilmu agama dengan menghafalkan Al-Quran dan tanpa melihat Al-Quran. Santri penghafal Al-Quran atau santri Tahfidz membutuhkan keadaan yang nyaman, motivasi dalam dirinya, mampu berkonsentarsi dengan baik dan mampu menikmati kegiatan menghafal, hal tersebut dinamakan dengan flow. Untuk mencapai kondisi flow ini santri membutuhkan self efficacy atau keyakinan yang kuat akan kemampuannya untuk menghadapi tantangan ketika menghafalkan Al-Quran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan hubungan self efficacy dengan flow pada santri penghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional menggunakan rumus product moment. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling sensus atau sampling total sejumlah 109 santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan korelasi product moment dengan bantuan Microsoft Exel 2010 dan program SPSS Statistic versi 22. Hasil yang diperoleh dari product moment antara variabel X dan variabel Y menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,763. Kemudian melihat r tabel dengan nilai N-2= r yaitu 109-2= 107 diperoleh nilai sebesar 0,188 dengan taraf 5% dan kesimpulannya nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (0,763 > 0,188) sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara self efficcay dengan flow pada santri penghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil koefisien korelasi yang sebesar 0,763 yang berada di antara nilai 0,60 – 0,799 artinya bahwa hubungan antara variabel self efficacy dan flow berada pada tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self efficacy, flow, santri tahfidz, pondok pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Azizah sdr
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:26
Last Modified: 25 Feb 2022 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13282

Actions (login required)

View Item View Item