PENGARUH TUGAS ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP 8 MUHAMMADIYAH KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

Beny Maulana, Mubarok (2022) PENGARUH TUGAS ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP 8 MUHAMMADIYAH KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BENY MAULANA MUBAROK_PENGARUH TUGAS ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maulana Mubarok, Beny. 2021. Pengaruh Tugas Online terhadap Minat Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 8 Kemangkon Kabupaten Purbalingga Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Dosen pembimbing bapak Dr. Kholid Mawardi, M.Hum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Tugas online terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Kemangkon Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2021-2022. Serta untuk mengetahui apa saja kendala dan hambatan yang di rasakan guru ataupun murid ketika melakukan pembelajaran via daring selama pandemi covid-19 ini. Responden adalah siswa kelas 7 karena mereka sudah menguasai penggunaan internet dan android, kemudian juga 90% dari mereka sudah memiliki handphone android pribadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji data menggunakan SPSS 23. Data di peroleh melalui pengisian kuisioner oleh siswa dan dan juga di lakukan wawancara oleh guru sebagai data pendukung. Uji yang di lakukan yaitu validitas, realibilitas dan uji R untuk mencari seberapa besar pengaruh tugas online terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tugas online mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa sebanyak 1.7%. dari hasil pengujian SPSS bahwa nilai sig.(2-tailed) setiap variabel X dan variabel Y adalah > 0,05 di dapat hasil bahwa nilai rhitung < rtabel . nilai rtabel 0,274 di peroleh dari nilai N 35-2= Angka 33 mempunyai nilai rtabel 0,274. Hasil uji realibilitas dapat di ketahui bahwa secara keseluruhan variabel X dan Y memiliki nilai cronbach’s alpha > 0,60. Kemudian pada uji normalitas menunjukan bahwa hasil dari nilai asymp. Sig(2- tailed) sebesar 0,845 menghasilkan pendistribusian data bersifat normal. adapun Uji linearitas sebesar 0,280 yang menyimpulkan bahwa seluruh data yang di gunakan dalam penelitian ini terdapat hubungan linear secara signifikan antara tugas online dengan minat belajar.heterokesdasitas mempunyai nilai yang signifikasi tugas online (X) sebesar 0,273 dan minat belajar (Y) sebesar 0,540 > 0,05 maka hasilnya tidak terjadi gejala heteroskedasitas pada model regresi. Jadi intinya hipotesisnya di sini terdapat pengaruh tugas online terhadap minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 8 Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Pembelajaran online mampu menjadi penolong dunia Pendidikan di masa pandemi covid-19 ini. Menurut penuturan wali kelas juga presentasi belajar siswa cenderung stabil dan tidak mengalami penurunan walaupun pembelajaran di lakukan secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tugas online, minat belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Beny Maulana Mubarok sdr
Date Deposited: 24 Feb 2022 09:01
Last Modified: 24 Feb 2022 09:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item