PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS KELOMPOK TERNAK SAPI POTONG MAJU MAKMUR DI DUSUN DUKUREJEH DESA PAGEDANGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA)

Hayu Monesia, Ika Wardani (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS KELOMPOK TERNAK SAPI POTONG MAJU MAKMUR DI DUSUN DUKUREJEH DESA PAGEDANGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HAYU MONESIA IKA WARDANI_PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peternakan adalah potensi yang memiliki banyak prospek yang baik dalam pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pendapatan keluarga (studi kasus KelompokTernak Sapi Potong Maju Makmur Dusun Dukuhrejeh Desa Pagedangan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis Penelitian dalam penlitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap persiapan meliputi persiapan petugas dan persiapan lapangan. Tahap pengkajian meliputi pengidentifikasian keadaan lingkungan dan masalah. Tahap perencanaan meliputi proses merencanakan program kegiatan. Tahap perumusan rencana aksi meliputi penentuan program. Tahap pelasanaan yang meliputi proses berjalannya program. Tahap evaluasi, yang dilakukan dengan pertemuan rutin pengurus dan anggota kelompok. Tahap terminasi, dalam tahap ini kelompok ternak tidak memiliki indikator tahap terminasi. Pendapatan keluarga kelompok sapi potong sudah sejahtera namun fasilitas yang digunakan berupa alat angkut berupa pupuk organik masih sulit serta kurangnya keterlibatan pemerintah dalam mengembangkan kelompok ternak seperti sarana dan prasarana, pengurus dan anggota lebih banyak bergerak sendiri untuk mencapai program yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok Ternak, Pendapatan Keluarga.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: HAYU MONESIA IKA WARDANI sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:49
Last Modified: 24 Feb 2022 08:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item