IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH UMUM AL HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES

EMI PRIYATIN, NIM. 1123301027 (2015) IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH UMUM AL HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
EMI PRIYATIN_IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH UMUM AL HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

Implementasi pembinaan akhlakul karimah merupakan usaha membimbing dan mengarahkan siswa untuk mampu berakhlakul karimah dalam kehidupan seharihari. Untuk dapat berakhlak mulia, siswa membutuhkan bimbingan dan arahan dari pendidik secara terus menerus, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun lingkungan madrasah. Oleh karena itu, implementasi pembinaan akhlakul karimah pada siswa harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dalam semua jenis kegiatan, baik kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan dan pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah pada siswa di Madrasah Aliyah Umum Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif Model Miles and Huberman dengan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembinaan akhlakul karimah pada siswa di Madrasah Aliyah Umum Al Hikmah 2 Benda Sirampog bertujuan untuk membentuk anak yang „alim, membiasakan diri berakhlak terpuji, selalu tekun beribadah, membisakan bersikap sopan santun dalam bergaul dan membimbing kearah yang sehat. Adapun materi yang disampaikan meliputi akhlak dalam kehidupan sehari-hari dan untuk mempermudah penyampaian materi digunakan metode pembiasaan, keteladanan, cerita, hiwar (percakapan), nasihat, teguran, ibrah (pelajaran dan pengalaman-pengalaman konkret) serta pengintegrasian pembinaan akhlakul karimah pada proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Dalam proses pembinaan akhlak juga dibantu dengan digunakannya media seperti sarana prasarana yang dimiliki MAU serta lingkungan sekitar MAU. Adapun evaluasi implementasi pembinaan akhlakul karimah dilakukan dengan cara menggunakan instrumen penilaian, seperti observasi, unjuk kerja dan percakapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembinaan Akhlakul Karimah dan Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:50
Last Modified: 07 Oct 2016 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item