PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA JAMUR TIRAM (STUDI PADA KELOMPOK USAHA SUMBER MAJU DESA DONDONG KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP)

Isyfi, Shofia Rohmah (2022) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA JAMUR TIRAM (STUDI PADA KELOMPOK USAHA SUMBER MAJU DESA DONDONG KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi_IsyfiSR_1717104020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah konsep pembangunan ekonomi yang merangkum nilai-nilai masyarakat untuk membangun paradigma baru dalam pembangunan yang bersifat people-centered, participatory. Dengan adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat maka diharapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat kearah kehidupan yang lebih baik meliputi kebutuhan hidup, kebutuhan harga diri, kebutuhan kebebasan. Oleh karena itu sasaran pemberdayaan ekonomi masyarakat yang minimal dan harus mengutamakan apa yang disebut keperluan mutlak, syarat minimum untuk memenuhi kebutuhan pokok serta kebutuhan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa proses pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Dondong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Kelompok Usaha Sumber Maju sudah berjalan dengan baik. Masyarakat Desa Dondong mengalami peningkatan ekonomi khususnya bagi anggota yang bergabung dalam kelompok. Hal tersebut dapat dilihat dalam berbagai hal seperti 1) Dimilikinya gubug jamur sendiri, 2) Berkembangnya usaha dengan upaya memperluas gubug, 3) Meningkatnya kepedulian terhadap masyarakat dengan mengadakan pelatihan budidaya jamur tiram, 4) Meningkatnya kemandirian dengan munculnya keinginan untuk memiliki alat produksi sendiri sehingga lebih efisien dan hasil semakin meningkat. Adapun hal yang belum tercapai yakni kurangnya peran dari pemerintah dalam proses pemberdayaan baik dari aspek kegiatan maupun pemenuhan kebutuhan sehingga program yang dilakukan belum maksimal. Solusi yang diupayakan saat ini dengan mengajukan bantuan alat produksi kepada pemerintah dengan harapan kegiatan produksi budidaya jamur tiram dapat dilaksanakan dengan maksimal. Kata kunci: Pemberdayaan ekonomi, masyarakat, budidaya jamur tiram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Masyarakat, Budidaya Jamur Tiram
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Isyfi Shofia Rohmah sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:45
Last Modified: 24 Feb 2022 08:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13263

Actions (login required)

View Item View Item