NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU KUMPULAN DONGENG PAUD MENGENAL KEISTIMEWAAN BINATANG KARYA HERU KURNIAWAN

Mamdudatun, Afriani (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU KUMPULAN DONGENG PAUD MENGENAL KEISTIMEWAAN BINATANG KARYA HERU KURNIAWAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Mamdudatun Afriani_1423311021_PIAUD Edisi Revisi-dikonversi (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembentukan nilai pendidikan moral anak usia dini dapat di bentuk melalui pengenalan dan pembiasaan mendengarkan cerita-cerita dan kisah yang mengandung pesan moral. Melalui cerita dalam dongeng dan kisah anak diajarkan untuk mengambil pesan yang terkandung dalam cerita. Buku Kumpulan Dongeng Mengenal Keitimewaan Binatang Karya Heru Kurniawan merupakan buku yang sangat layak dijadikan media pembentukan nilai pendidikan moral anak usia dini, didalam buku tersebut, terdapat 20 sub judul dengan 125 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung dalam buku kumpulan dongeng PAUD (mengenal keistimewaan binatang) karya Heru Kurniawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur (library research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengamati buku kumpulan dongeng PAUD (Mengenal Keistimewaan Binatang) dan sumber lainnya, mencari, menelaah buku-buku, artikel atau lainnya yang berkaitan dengan skripsi ini. Pengumpulan data dibagi pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan moral anak usia dini dalam buku Kumpulan dongeng PAUD (Mengenal Keistimewaan Binatang) karya Heru Kurniawan terdiri dari 6 (enam) nilai pokok yaitu : 1) nilai empati, 2) nilai hati nurani, 3) nilai kontrol diri, 4) nilai rasa hormat 5) nilai kebaikan hati, 6) nilai toleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Moral, Anak Usia Dini, Dongeng
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mamdudatun Afriani sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:33
Last Modified: 24 Feb 2022 08:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item