AKTUALISASI NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK DARUSSALAM KARANGPUCUNG CILACAP

Akhsan, Akhsan (2022) AKTUALISASI NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK DARUSSALAM KARANGPUCUNG CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AKHSAN-AKTUALISASI NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK DARUSSALAM KARANGPUCUNG CILACAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sampai saat ini masalah kemiskinan menjadi permasalahan yang sangat sulit untuk diatasi dan pemerintah sudah berupaya untuk mengetaskannya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah melalui jalur pendidikan dengan menyediakan lembaga pendidikan berbasis kompetensi seperti SMK. Mata pelajaran di SMK salah satunya adalah PAI BP dimana di dalam PAI BP di SMK Darussalam Karangpucung juga diupayakan untuk menanamkan nilai kewirausahaan dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui 1) perencanaan aktualisasi nilai kewirausahaan dalam pembelajaran PAI BP di SMK Darussalam Karangpucung, 2) pelaksanaan aktualisasi nilai kewirausahaan dalam pembelajaran PAI BP di SMK Darussalam Karangpucung, 3) evaluasi aktualisasi nilai kewirausahaan dalam pembelajaran PAI BP di SMK Darussalam Karangpucung. Penelitian ini dilakukan di SMK Darussalam Karangpucung Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Kualitatif. Guna mendapatkan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, teknik wawancara semi terstruktur serta teknik dokumentasi untuk mendapatkan dokumen berkaitan dengan aktualisasi nilai kewirausahaan. Data yang telah didapatkan akan disajikan dalam bentuk deskriptif setelah melalui analisis oleh peneliti. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya 1) kegiatan perencanaan dilakukan dengan menggunakan metode, model dan penilaian seperti pada pembelajaran pada umumnya, namun guru menentukan tujuan pembelajaran dengan dua cara yaitu dengan menyusunnya dan menyesuaikan dengan tujuan yang ada di buku paket. 2) aktualisasi dalam pelaksanaan diketahui dengan teraktualisasikannya nilai kewirausahaan mulai dari nilai kemandirian dimana siswa mandiri dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, nilai orisinilitas diketahui melalui kemampuan siswa dalam mengolah kata ketika siswa menyampaikan materi atau feedback kepada guru agar memahamkan guru dan siswa lain serta dikerjakannya tugas secara mandiri. Nilai percaya diri dilihat dari kemampuan siswa dalam menyampaikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diberikan kepadanya dan ketika siswa mengerjakan tugas praktik yang sifatnya individu. Nilai keberanian mengambil resiko diketahui ketika siswa menyampaikan pendapatnya dimana hal ini menuntutnya untuk menerima jawaban dari siswa lainnya dan berorientasi pada hasil kerja dimana siswa memiliki keteguhan, ketekunan dan kerja keras siswa dalam mengerjakan berbagai program tindak lanjut dari guru. 3) aktualisasi nilai kewirausahaan dalam ranah evaluasi diketahui dengan adanya tiga nilai kewirausahaan yaitu percaya diri diketahui dengan dijalankannya tugas secara mandiri, keorisnilitasan dibuktikan dengan hasil kerja siswa dalam mengerjakan tugas dan berorientasi pada manusia dimana dalam pemberian tugas siswa diharuskan untuk bekerjasama dengan siswa lainnya. Seluruh kegiatan ini dinilai dengan menggunakan penilaian kognitif, afektif dan psikomotori

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi, Nilai Kewirausahaan, SMK
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhsan Akhsan sdr
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:25
Last Modified: 24 Feb 2022 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13255

Actions (login required)

View Item View Item