ANALISIS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM BUKU AJAR SISWA TEMATIK SD/MI TEMA 2 KEGEMARANKU KELAS 1

MAULIDA, KHAFIDOH (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM BUKU AJAR SISWA TEMATIK SD/MI TEMA 2 KEGEMARANKU KELAS 1. Masters thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAULIDA KHAFIDOH_ANALISIS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM BUKU AJAR SISWA TEMATIK SD MI TEMA 2 KEGEMARANKU KELAS I.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buku ajar pelajaran sebagai buku acuan wajib yang digunakan di satuan pendidikan dasar telah disusun secara sistematis berdasarkan kurikulum tertentu dan melalui seleksi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, orientasi pembelajaran serta mengacu pada kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Karena kebutuhan akan tahapan perkembangan peserta didik pada setiap satuan tingkatan pendidikan yang berbeda-beda, maka ketepatan dalam pememilihan penggunaan buku ajar pelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan majemuk yang terdapat pada buku ajar pelajaran siswa. Buku ajar siswa yang dianalisa adalah buku ajar siswa Tematik SD/MI Tema 2 Kegemaranku kelas 1 edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Adapun yang dianalisa adalah kecerdasan amjemuk yang terdapat pada setiap pelajaran yang ada di dalam buku ajar siswa SD/MI Tema 2 Kegemaranku kelas 1. Hasil penelitian ini adalah Pertama, dari segi deskripsi buku siswa tematik tema 2 kegemaranku mencakup 4 subtema pembelajaran, yaitu subtema 1 Gemar Berolahraga, subtema 2 Gemar Bernyanyi Dan Menari, subtema 3 Gemar Menggambar dan subtema ke empat adalah Gemar Membaca. Cakupan materi yang diberikan pada buku siswa tematik tema 2 Kegemaranku cukup kompleks dengan lima mata pelajaran yaitu PJOK, SBdP, Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika dan dikemas dengan bermacam kegiatan pembelajaran, pengembangan pengetahuan dari berbagai aspek telah di kembangkan terlebih kurikulum 2013 memiliki prinsip seemua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Sedangkan kecerdasan majemuk. Kedua, teori kecerdasan majemuk dalam penelitian ini diambil dari penelitian Howard Gadner terkait kecerdasan majemuk, disini Gadner memunculkan Sembilan kecerdasan yaitu, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan jasmaniah-kinestetik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan logis matematik, kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan berirama-musik, kecerdasan naturalistik, dan kecerdasan eksistensial. Ketiga, kecerdasan majemuk dalam buku siswa dalam penelitian ini telah ditelaah setiap subtema, dengan temuan bahwa pengembangan kecerdasan majemuk dalam penelitian ini adalah pada kecerdasan kecerdasan visual-spasial, kecerdasan jasmaniah-kinestetik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan logis matematik, kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan berirama-musik. Sedangkan kecerdasan naturalistik, dan kecerdasan eksistensial, tidak ditemukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Majemuk, Buku Ajar Siswa Tematik SD/MI Tema 2 Kegemaranku Kelas 1
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulida Khafidoh sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:24
Last Modified: 24 Feb 2022 08:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item