REPRESENTASI CHARACTER BUILDING DALAM FILM THE MIRACLE WORKER (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Rifa, Altof Alfurqon (2022) REPRESENTASI CHARACTER BUILDING DALAM FILM THE MIRACLE WORKER (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RIFA ALTOF ALFURQON_REPRESENTASI CHARACTER BUILDING DALAM FILM THE MIRACLE WORKER (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berkurangnya nilai karakter dalam diri setiap manusia, menjadikan character building perlu mendapat perhatian dan ditingkatkan dalam penerapan di kehidupan sehari-hari. Character building dapat dikembangkan melalui berbagai media pembelajaran terutama media massa. Film merupakan bagian salah satu dari media massa yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi khalayak luas. Selain memiliki fungsi sebagai hiburan film juga mampu memberikan edukasi bagi penontonnya. Namun, tidak semua film dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Untuk itu, sebuah film perlu dikaji. Berdasarkan uraian tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji film “The Miracle Worker” karena film ini memiliki nilai positif, menarik, inspiratif serta bercorak nilai-nilai pembentukan karakter.” Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan character building dalam film “The Miracle Worker”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan, peneliti menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis character building film “The Miracle Worker” peneliti menggunakan teori analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce. Karena teori dari Peirce didasarkan dengan logika dan penalaran melalui tanda-tanda yang ada di masyarakat. Peneliti merujuk pada teori segitiga makna yang terdiri dari tiga elemen utama yakni, representament, object, dan interpretant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat nilai character building dalam film “The Miracle Worker” dimana Anne Sulivan memiliki sikap sabar, kerja keras, adil, dan bertanggung jawab dalam mendidik Helen. Meskipun Helen mudah marah dan susah dikendalikan. Anne Sullivan tidak hanya menanamkan nilai-nilai karakter dalam diri Helen, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti menerapkan perilaku tanggung jawab, disiplin, sopan santun dan peduli lingkungan sekitar pada diri Helen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Character Building, Film, Semiotika Charles Sanders Peirce
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: RIFA ALTOF ALFURQON sdr
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:10
Last Modified: 24 Feb 2022 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13235

Actions (login required)

View Item View Item